Jalan Ngawi – Mantingan 70 Persen Rusak




KlikMadiun – Jalur Ngawi – Mantingan kini dalam perbaikan menjelang Mudik 2016. Saat ini kondisinya 70 jalan sudah rusak.

Jalur tengah Jawa Timur, adalah salah satu jalur mudik yang padat saat mudik berlangsung. Jalur ini mulai perbatasan. Jalur ini merupakan jalur ke arah Jawa Timur yang melewati Solo – Sragen – Ngawi – Magetan – Madiun. Sementara dari Ngawi juga bisa ke Caruban langsung Ngajuk – Surabaya. Dari Ngawi juga bisa menuju ke arah Bojonegoro.

Sebagai pintu masuk dari Jawa Tengah, jalan nasional dari Mantingan (perbatasan Jawa tengah) menuju ke Ngawi Kota sepanjang 32 km, kondisinya sungguh memprihatinkan. “Sungguh memprihatinkan. Kalau dihitung prosentase, kondisi yang bagus hanya 30 persen,” kata Suwignyo, Staf Teknis Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Provinsi Jawa Timur.

Suwignyo melanjutkan, kerusakan jalan di jalur ini adalah jalan retak, bergelombang, berlubang dan sliding (aspal bergeser ke pinggir). “Sebetulnya ini masuk dalam kondisi rusak parah,” tambahnya.

Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Provinsi Jawa Timur di Madiun, sebetulnya sudah berusaha mengajukan perbaikan di jalur yang memakan korban artis Sophan Sopian itu. “Sejak tahun 2011, sudah diajukan, bahkan tiap tahun kita mengajukan untuk peningkatan jalan. Sementara yang terealisasi hanya sepanjang 5 kilometer, di daerah Gendingan Ngawi,” kata Suwignyo.

Sementara yang dilakukan sekarang hanyalah perbaikan jalan. “Untuk perbaikan jalan, pekerjaannya ya penambalan pada ruas-ruas yang rusak, seperti bergelombang, berlubang, retak dan aspal yang bergeser ke samping. Ini adalah perawatan rutin setiap tahun,” tegasnya.


Proyek perbaikan yang dikerjakan oleh PT Nusantara Makmur Sadana ini sudah dimulai sejak seminggu lalu. “Target kita sebelum H-10 Lebaran harus sudah selesai. Kita berharap cuaca bisa bagus sehingga tidak mengganggu perbaikan,” harapnya. (klik-1)
Lebih baru Lebih lama