Inka Salurkan Pinjaman Modal Kemitraan


KlikMadiun – PT Industri Kereta Api (Inka) menyalurkan dana pinjaman permodalan untuk program kemitraan sebesar Rp 609 juta kepada 26 calon mitra binaan. Penandatangan naskah perjanjian pinjaman dana tersebut dilakukan di ruang pertemuan PT Inka Madiun, Kamis 30 Maret 2017.

Menurut Senior Manager Humas Protokoler dan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan PT Inka, Cholik Mochamad Zam-Zam, penyaluran dana pinjaman Rp 609 juta tersebut merupakan penyaluran tahap pertama dari rencana total Rp 4,5 miliar selama 2017.

“Untuk tahun ini kami akan salurkan dana sebesar Rp 4,5 miliar. Hari ini merupakan penyaluran tahap pertama sebesar Rp 609 juta untuk 26 calon mitra binaan yang berada di Madiun, Magetan, Ponorogo dan Pacitan,” terang Cholik.

Cholik menjelaskan, kedudukan PT Inka berada di Madiun, sehingga punya kewajiban untuk ikut mensejahteraan warga masyarakat di sekitarnya. “Kami sebagai perusahaan BUMN ingin menopang industri-industri kecil di Madiun ini bisa menjadi besar. Karena perekonomian nasional itu berasal dari industri kecil,” katanya. Besarnya bunga pinjaman di bawah enam persen pertahun menurut Cholik tidak akan memberatkan mitra binaan.

Masih menurut Cholik, pihaknya tidak hanya melepas dana pinjaman permodalan saja kepada para pemilik usaha mikro, kecil dan menengah sebagai mitra binaan. Namun juga membantu mitra binaan dalam pengelolaan manajemen usaha.

“Kami juga sudah merekrut empat orang khusus untuk menangani mitra-mitra binaan yang ada di lapangan. Mereka akan membantu sistem pembukuan dan permasalahan-permasalahan yang mungkin terjadi. Sehingga kami tidak hanya melepas pinjaman modal begitu saja, tapi juga membantu bagaimana agar usaha mitra binaan bisa berkembang,” urainya.

Saat menyampaikan sambutan, Cholik berpesan kepada para calon mitra binaan agar menggunakan dana pinjaman dari PT Inka sebaik-baiknya. Sehingga usaha yang dijalankan bisa berkembang dengan baik. (klik-5)



Lebih baru Lebih lama