KPU Magetan Resmikan Rumah Pintar Pemilu, Ini Tujuannya



KlikMagetan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magetan, meresmikan Rumah Pintar Pemilu (RPP) dengan nama Jalak Lawu. Harapannya RPP ini bisa menjadi tempat edukasi yang pada akhirnya bisa meningkatkan kualitas pemilu.

Peresmian ini dilakukan dengan pemotongan pita oleh Ketua KPU Jawa Timur, Eko Sasmito. Dalam RPP ini terdapat berbagai fasilitas seperti ruang simulasi pencoblosan, ruang audio visual, perpustakaan hingga ruang diskusi.

Menurut Eko Sasmito, pendirian RPP ini merupakan program nasional yang dilakukan oleh setiap KPU Kota/Kabupaten maupun KPU propinsi. “KPU memang diharapakan bisa berperan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, salah satunya dengan mendirikan RPP seprti ini. Di dalam RPP bisa didapat berbagai informasi tentang pemilu, tahapannya, siapa saja yang terlibat, metodenya seprti apa, dan sebagai sarana edukasi bagi masyarakat,” kata Eko Sasmito, usai meresmikan RPP Jalak Lawu, Jumat 31 Maret, di KPU Magetan.

Selain itu, lanjut Eko, RPP ini adalah bentuk kerja nyata KPU yang bisa ditunjukkan. “Lihat saja data yang ada di KPU, semua yang terkait dengan kepemiluan, ada. Dan ini adalah hasil kerja KPU. Selain itu masyarakat bisa mengakses data-data di RPP ini. Harapan dengan diresmikannya RPP ini, agar bisa meningkatkan partisipasi masyarkat dari semua elemen, termasuk pemilih pemula,” lanjut Eko.


Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Magetan, Hendrat Subiakto mengatakan, pemberian nama RPP Jalak Lawu ini mengandung makna, seperti mitos Jalak Lawu yang sebenarnya. “Jalak Lawu ini mitosnya sebagai penjaga dan penunjuk jalan ke Gunung Lawu. Penjaga berarti sebagai penjaga jalannya demokrasi di Indonesia, sementara penunjuk jalan, agar RPP ini berberan sebagai penunjuk jalan agar tidak tersesat dalam memilih pemimpin di Magetan,” ucap Hendrat. (klik-1)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama