Home » , , » Berlomba Mengelola Sampah

Berlomba Mengelola Sampah

Written By KLIK MADIUN on Selasa, 01 Agustus 2017 | 11.10



KlikMadiun.com - Baru tiga bulan berdiri, namun Bank Sampah Berkah Lestari masuk dalam 16 pengelola bank sampah yang ikut dilombakan tingkat Kabupaten  di Madiun. Kini jumlah anggota bank sampah ini mencapai 158.

 Sampah Berkah Lestari yang terletak di Desa Pagotan Kecamatan Geger Kabupaten Madiun, Selasa 1 Agustus 2017 ikut dinilai oleh Tim Penilaian Lomba Bank Sampah yang diselenggarakan Dina's Lingkungan Hidup Kabuoaten Madiun. Bank sampah yang diketusi oleh Ummu Habibah ini, betsaing melawan 16 bank sampah lain yang sudah lama berdiri.

"Awalnya hanya beranggotakan 34 saja, itu pun merupakan anggota Keluarga Penetima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH). Kini jumlah anggotanya mencapai 158, dalam waktu 3 bulan," kata Ummu.

 proses yang harus dilalui untuk bisa menjual sampah ke bank sampah ini. "Ada proses pemilahan sampah organik dan an organik di tingkat keluarga  Karena kami hanya menerima sampah an organik, bail plastik bening maupun sampah kertas," terang Ummu yang juga sebagai Pendamping PKH.

 sampah itu dipilah, barulah dijuall ke bank sampah ini. Di sini proses penimbangan Dan pencatatan dilakukan. Setelah terkumpul barulah sampah-sampah ini dijual ke bank sampah lah. "Kami mengambil keuntungsn dari selisih antara harga beli dan jual," papar Ummu.

Penilaian didasarkan atas partisipasi warga, pemerintah desa, serta nilai kreatifitas mengubah sampah menjadi barang berguna. "Kita ingin menggerakjan ekonomi kerakyatan aan ekonomi kreatif dari sampah ini,"  kata Siam Sunartini, salah seorang tim penilaian dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Madiun
Lomba Bank Sampah ini digelar dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Madiun. (klik-1)


Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Sponsor 2

Sponsor 2

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2016. KLIK MADIUN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by AGEE Computer
Proudly powered by google