Home » , , » Manisnya Budidaya Pisang Raja

Manisnya Budidaya Pisang Raja

Written By KLIK MADIUN on Kamis, 12 Oktober 2017 | 01.44



KlikMadiun – Tingginya harga pisang raja jenis ketan dan jenis lumut di pasaran, membuat petani Desa Kedondong, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun mulai melirik budi daya pisang raja. Selain hasil panen buah, petani juga menjual bibit pohon.

Saat ini, sedikitnya 5.000 pohon pisang raja mulai memasuki masa panen di Dusun Padas Desa Kedondong. Para petani tergabung dalam Kelompok Rapisma (Raja Pisang Madiun) ini,  sudah memetik hasil dari budidaya pisang mereka.

Sunarto, Ketua Rapisma mengungkapkan, hingga kini anggota paguyupan pisang raja madiun sudah berkembang di 3 kecamatan, yakni Kecamatan Kebonsari, Dagangan dan Dolopo. Jumlah terbnyak berada di Kecamatan Kebonsari. “Awalnya benih bibit berasal dari Sragen Jawab Tengah. Melihat hasil menanam pisang raja kok hasilnya bagus, akhirnya saya kembangkan," kata Sunarto, Rabu 11 Oktober 2017.

Samirin, salah seorang petani Dusun Padas berhasil mengembangkan pisang raja jenis lumut. Menurutnya,  mengembangkan pisang raja dilakukan sejsk sejak 2 tahun lalu.

"Dengan luas lahan sekitar 300 m persegi yang saya miliki, saya bisa menanam pohon pisang sebanyak 600 pohon pisang raja dan meraup keuntungan 20 juta selama setahun," kata Samirin.

Keberhadilan petani di Kecamatan Kebonsari, tidak lepas dari hasil binaan dan bimbingan Dinas Pertanian Dan Perikanan Kab. Madiun. Kecamatan Kebonsari dinilai paling produktif dalam mengembangkan tanaman pisang raja.

"Sesuai program pemerintah Kabupaten Madiun, menjadikan desa sebagai wisata agro dan lumbung, khusunya buah-buahan. Teryata Desa Kedondong yang paling cocok secara vegetatif mengembangkan tanaman pisang raja dan tanaman buah blimbing dari blitar," tutur Mujianto, Petugas Penyuluh Pertanian.

Meski sudah berkembang melalui kelompok petani pisang raja, Petugas Penyuluhan dari Dinas Pertanian dan Perikanan, tetap memantau perkembangan budidaya pisang ini, baik pemasaran hingga harga pisang di pasaran. Satu tandan pisang dengan 9 lingkar, atau 9 sisir, bisa mencapai harga Rp150 ribu. Bahkan saat musim pernikahan, sepasang pohon pisang raja yang sudah berbuah matang, mencapai harga Rp700 ribu.

Selain menjual buah pisang raja, petani di Desa Kedondong juga mulai kebanjiran pesanan bibit pisang raja. Satu bibit pohon pisang dengan tinggi 60 cm, dijual dengan harga Rp15 ribu. (adv)


Share this article :

7 komentar:

  1. Untuk pemesanan benih apa bisa

    BalasHapus
  2. Andaikan pengen lihat" sambil belajar boleh nggak. Kayaknya saya tertarik

    BalasHapus
  3. Pesan bibit apa bisa ya....

    BalasHapus
  4. SAYA MENYAMBUT ANDA SEMUA DI HALAMAN INI
    INI CERITAKU

    Saya MURNI SANTI, Seorang wanita, ibu, saudara perempuan dan teman dari (Bekasi), Indonesia, saya adalah REAL ESTATE MANAGER dan saya telah mengalami banyak tekanan keuangan akhir-akhir ini, tidak ada yang mau meminjam kami uang untuk menyelesaikan proyek komersial kami yang telah dibangun beberapa bulan sekarang. Saya telah ditipu oleh beberapa perusahaan peminjaman palsu yang mengklaim sejumlah besar uang dari saya tanpa kami tidak menerima pinjaman.

    Saya frustrasi, suami saya mencoba yang terbaik dan membantu, saya akan bunuh diri karena rasa sakit itu, itu terlalu berat untuk ditanggung dan saya kehilangan semua harapan, sampai saya diperkenalkan dengan SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL sebuah perusahaan pinjaman yang disponsori oleh bank dunia itu sendiri.

    Saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman dan memang menghubungi perusahaan, petugas bagian pinjaman mereka yang benar-benar memberi saya harapan dan mengatakan kepada saya untuk tidak khawatir perusahaan akan meminjamkan uang kepada saya, bahkan ketika jumlah yang saya butuhkan sangat besar, dan semua yang bisa saya berikan kepada mereka persyaratan yang merupakan beberapa informasi pribadi, yang saya lakukan.

    Saya menjalani semua proses, mereka berjanji untuk meminjamkan uang yang saya minta setelah mengonfirmasi bahwa saya memenuhi syarat untuk pinjaman, saya diminta untuk menunggu, yang sangat mengejutkan saya adalah pinjaman masuk ke akun saya dan saya mengkonfirmasinya .. Perusahaan kembali secara finansial dan keluarga saya baik-baik saja, ini membuat hidup saya lebih baik, saya bersyukur kepada Allah dan kepada SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL
    GMAIL ..... allglobalgrantloan@gmail.com

    UNTUK MENGHUBUNGI KU
    NAMA Perusahaan: SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL EMAIL Perusahaan: allglobalgrantloan@gmail.com. Perusahaan
    Whatsapp: +1(301)971-4445
    Nama Saya: MURNI SANTI
    Email Saya: murnisanti55@gmail.com

    BalasHapus

Sponsor 2

Sponsor 2

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2016. KLIK MADIUN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by AGEE Computer
Proudly powered by google