Sedekah Bumi, Kearifan Lokal Warga Kare




KlikMadiun - Ratusan warga Kare Kec Kare Kab Madiun gelar acara bersih desa. Acara tahunan ini banyak mendapat simpati warga setempat. Pada acara ini diawali  mengarak gunungan yang berisi polo pendem dan hasil bumi ke sendang Kare, Kec Kare Kab Madiun.

Bersih desa ini diikuti perangkat desa, tokoh masyarakat, warga desa, anak-anak dan para pemuda. Dalam acara tersebut peserta arak-arakan mengenakan busana adat jawa.

Berangkat dari rumah Kepala Desa, kemudian arak-arakan berjalan keliling desa dan  menuju ke sendang yang berjarak sekitar 3 km. Sementara di lokasi sendang sudah disambut dengan gamelan jawa dan acara wayang kulit. Setelah dilakukan prosesi adat selamatan oleh sesepuh desa, tumpeng nasi dimakan secara bersama-sama.

Usai prosesi selamatan,  gunungan yang berisi polo pendem dibawa ke dekat sendang, yang kemudian diperebutkan warga. "Saya sangat senang senang meskipun hanya mendapat sedikit," ujar Sumiyem warga setempat.

“Kegiatan bersih desa untuk melestarikan kearifan lokal dan nguri-nguri budaya leluhur, agar generasi muda tidak lupa dengan budaya dan adat istiadat peninggalan nenek moyang kita, terlebih desa kare menjadi desa wisata  yang ada di Wilayah Kec Kare Kab. Madiun," kata Sukirman Kades Kare. (klik-3)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama