Home » , , » Tingkatkan Pendapatan Peternak, Melalui Pelatihan Pakan

Tingkatkan Pendapatan Peternak, Melalui Pelatihan Pakan

Written By KLIK MADIUN on Rabu, 18 Oktober 2017 | 10.15



KlikMadiun – Untuk meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan peternak sapi kereman, Dinas Peternakan Dan Perikanan Kab Madiun memberikan pelatihan pembuatan pakan sendiri dengan sistim fermentasi.

perternak diberikan pelatihan pengolahan pakan secara manual dengan menggunakan mixer atau sekop untuk pengadukan pakan, seperti pencampuran bahan dedak, konsentrat, nuvo, sebab dari Dinas Pertanian Dan Peternakan belum mendapatkan bantuan mesin.

Pelatihan ini sedikitnya diikuti oleh 120 peternak sapi keremen, baik sapi Brahman maupun Limosin digelar di  3 desa, yakni Balai Desa Dimong Kec Madiun, Balai Desa Pole Kec Sawahan, dan Balai Desa Banjarsari Kec Madiun.

Dalam pelatihan ini para peternak diharapkan bisa memberikan pakan yang lebih optimal kepada sapi mereka, sesuai proposinya.

Estu Dwi Waluyani Kabid Peternakan Dinas Pertanian dan Perikanan Kab Madiun mengatakan selain bertujuan meningkatkan pendapatan petani juga meningkatkan bibit sapi pedaging unggulan di wilayah Kab madiun.
”Pelatihan ini di harapkan para peternak bisa membuat dan mengolah pakan sendiri dengan bahan kosentrat, sebab daripada beli di toko mahal. Disini juga diberi kesempatan praktik pengolahan secara manual, menggunakan bahan kosentrat sebagai pakan tambahan selain rumput,” katanya.

Petugas juga menghimbau para peternak perorangan, agar membentuk kelompok kelembagaan peternak, supaya mempermudah pendataan dan pemberian bantuan, baik penyuluhan maupuan bantuan alat.(adv)




Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Sponsor 2

Sponsor 2

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2016. KLIK MADIUN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by AGEE Computer
Proudly powered by google