Pasokan Hewan Kurban di Madiun Dipastikan Aman

KlikMadiun- Menghadapi pelaksanaan Hari Raya Idhul Adha yang tinggal beberapa hari, dinas Pertanian dan Peternakan Kab Madiun pastikan stok hewan ternak baik sapi maupun kambing aman. Artinya cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang akan melakukan kurban.

Kabid Peternakan  Dinas Pertanian dan Perikanan Kab Madiun Estu Dwi Waluyani menjelaskan, di Kab Madiun jumlah peternak cukup banyak baik peternak sapi, kambing dan  unggas cukup banyak.  Dinas seperti  biasa akan terus memantau persiapan- persiapan dengan berkeliling ke beberapa pos-pos untuk memastikan hewan untuk kurban aman, baik dari stok yang tersedia maupun kesehatanya.

“Nantinya kita akan jadwalkan beberapa petugas untuk memantau kesiapan akan kebutuhan hewan kurban yang ada di Madiun. Dan dipastikan jumlahnya sangat cukup, karena kita tidak pernah mendatangkan hewan dari luar, malahan hewan-hewan kita yang di bawa keluar” tambah Estu.

Terkait kebutuhan hewan ternak untuk kurban tahun ini diperkirakan sekitar 20 ribu ekor. Seperti yang disampaikan Bapak Bupati Madiun dalam acara Kontes  ternak kemaren , bahwa dari tahun ke tahun ternak yang ada di Madiun mengalami peningkatan 5-10%.  Untuk jumlah saat ini, sapi potong 60.881 ekor, kambing 76445 ekor, Domba 22667ekor dan unggas 3247555 ekor . Sedangkan produksi daging mencapai 5671 ton dengan konsumsi perkapita per tahun sebesar 839 kg.(Klik-1)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama