Home » , , , » Tingkatkan Hasil Ternak Dengan “LOMBA KONTES TERNAK 2018”

Tingkatkan Hasil Ternak Dengan “LOMBA KONTES TERNAK 2018”

Written By KLIK MADIUN on Rabu, 18 Juli 2018 | 10.18

  foto : Bupati Madiun menyerahkan piala lomba kontes ternak 2018
  
KlikMadiun-  Bertempat di lapangan Kelurahan Munggut, Kec. Wungu Kab Madiun, puluhan petenak yang ada dalam kelompok-kelompok peternak sapi dan kambing mengikuti lomba Kontes Ternak. Acara ini dilaksanakan dalam rangka Peringatan Hari jadi Kabupaten Madiun yang ke- 450. Selasa 17/7/2018.

Adapun tujuan diselenggaraan kontes yaitu sebagai promosi atas hasil produksi peternakan unggul daerah. Selain itu memberikan motivasi kepada peternak dan memberikan penghargaan kepada peternak berprestasi. Dan tak kalah pentingnya juga sebagai ajang silaturahmi antar peternak.

Acara yang diselenggarakan selama dua hari mulai tanggal 16 dan 17 Juli 2018 ini diikuti seluruh peternak yang ada ada di Kab Madiun. Adapun jumlahnya yang mengikuti lomba untuk sapi 75 ekor dan kambing sebanyak 30 ekor. Untuk meramaikan acara kontes ternak ini juga di sertai dengan gerakan minum susu bersama dikuti anak Sekolah Dasar  yang di sediakan oleh Dinas Pertanian dan Perternakan Kab. Madiun.

Kabid Peternakan Dinas Pertanian dan Perikanan Kab Madiun Estu Dwi Waluyani menjelaskan, kontes ternak tahun 2018 ini, ada lima kategori yang dilombakan, yaitu kategori kereman sapi persilangan hasil IB, Bakalan kerema sapi persilangan hasil IB, Sapi induk Peranakan Ongol, Kambing Jantan Peranakan Etawa, Kambing Induk peranakan etawa.

“Allhamduliilah kegiatan kontes ternak sapi dan kambing di tahun 2018 ini dapat berjalan dengan baik dan sukses, karena didukung oleh kelompok peternak yang ada di Kab Madiun. Diharapkan acara ini dapat berjalan terus dari tahun ke tahun, sehingga diharapkan dapat memberikan motivasi kepada para peternak untuk lebih giat lagi dalam beternak.”tambah Estu.

Bupati Madiun H. Muhtarom,S.sos dalam sambutannya  menyampaikan bahwa acara kontes ternak ini merupakan momentum yang sangat tepat dalam rangka mengembangkan sub sektor perternakan, karena bertujuan untuk menggugah minat masyarakat dan memotivasi perternak dalam memproduksi ternak bibit yang berkualitas.

Diketahui populasi ternak dari tahun ke tahun mengalami peningkatan sekitar 5-10%. Untuk jumlah saat ini, sapi potong 60.881 ekor, kambing 76445 ekor, Domba 22667ekor dan unggas 3247555 ekor . Sedangkan produksi daging mencapai 5671 ton dengan konsumsi perkapita per tahun sebesar 839 kg.

“Oleh karena itu marilah kita lanjutkan pengembangan perternakan ini melalui peningkatan usaha. Tentunya hal ini harus didukung oleh pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi karena bertujuan untuk membangun sistem perternakan yang mampu memanfaatkan sumber daya lokal berdaya saing dan berkelanjutan untuk meningkatkan populasi ternak terutama sapi potong dan mensejahterakan perternak,” lanjut Muhtarom. 

Bupati Madiun berharap dengan lomba kontes ternak sapi dan kambing dapat dijadikan sebagai pemicu dan semangat untuk mengembangkan usaha perternakan di Kab Madiun.(Klik-1)

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Sponsor 2

Sponsor 2

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2016. KLIK MADIUN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by AGEE Computer
Proudly powered by google