Home » , , » Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Madiun Temukan Hewan Sakit Dan Glonggongan

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Madiun Temukan Hewan Sakit Dan Glonggongan

Written By KLIK MADIUN on Kamis, 02 Agustus 2018 | 10.29

KlikMadiun-Menjelang datangnya Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriyah dan guna mengantisipasi adanya hewan kurban yang tidak layak dikonsumsi, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Madiun Jawa Timur mulai melakukan pemeriksaan terhadap hewan ternak milik peternak. Hasilnya, petugas menemukan sejumlah hewan kurban, sapi dan kambing di sejumlah tempat, yang teridikasi mengalami sakit, bahkan ada hewan glonggongan yang didatangkan dari luar kota.

Temuan adanya hewan kurban yang teridikasi sakit oleh petugas dari Dinas Pertanian dan ketahanan Pangan Kota Madiun Jawa Timur ini seperti yang terdapat di perternakan di wilayah kelurahan Pilangbangu dan Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Kartoharjo. Namun indikasi sakit tersebut tidak terlalu parah, dan rata rata kondisinya sakit mata dan diare. Dan hal ini menurut petugas akibat kondisi cuaca panas dan kurangnya air minum yang cukup.

“Hari ini ada temuan ya, ada yang sakit pilek dan rata rata ada yang sakit mata namun sudah langsung kita obati. Mumpung masih jauh hari dari pelaksanaan Idul Kurban. Dan ini masih memungkinkan dagingnya nanti bisa untuk daging kurban. Untuk sakit mata ini sudah biasa karena bisa disebabkan akibat debu, cuaca panas, angin dan bisa jadi karena pakan yang tercemar,”kata Kasi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kota Madiun, Cahyarini Budiarti, saat dikonfirmasi di lokasi peternakan kambing Kelurahan Rejomulyo(1/8/2018).

Lanjut Cahyarini kepada wartawan menjelaskan bahwa pemeriksaan ini guna memastikan hewan yang akan dijual untuk kurban nanti dalam kondisi sehat. “Oleh karena itu, setiap ada temuan kita langsung memberikan injeksi antibiotik dan salep bagi hewan ternak yang terindikasi sakit,”imbuh Cahyarini.

Sementara selain ditemukannnya hewan yang menderita sakit tersebut, petugas juga menemukan adanya hewan kambing yang dalam kondisi kurus yang diduga akibat diglonggong. Atas temuan tersebut, Khoiri, selaku peternak kambing menjelaskan bahwa dua kambing kurus tersebut awalnya didatangkan 3 bulan lalu dari pedagang dari luar kota, yakni dari Lumajang dan Malang. Meski demikian pihaknya tidak akan menjual kambing tersebut untuk dijadikan hewan kurban. Dirinya hanya melakukan pemulihan kondisinya agar sehat kembali dan tidak mati. Dan tentunya akan selalu berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Kota Madiun.

“Ya ini selain milik kita sendiri, namun sebagian ada hasil dari penggemukan yang kemarin tiga bulan lalu mendatangkan dari luar daerah, seperti dari Lumajang dan Malang. Dan setelah dipelihara ada yang pertumbuhannya bagus dan ternyata ada dua ekor yang mengalami problem seperti ini. Namun demikian untuk dua ekor ini tidak kami jual dan masih akan kita lakukan perawatan sampai dalam kondisi baik dan sehat,”kata Khoiri, pemilik peternakan kambing kepada wartawan.

Sementara untuk harga hewan kurban di Kota Madiun sendiri hingga saat ini memasuki Bulan Agustus dijual bervariasi mulai Rp 1,7 Juta untuk jenis Domba dan Rp 2 Juta untuk Kambing Jawa. Sedangkan untuk harga sapi siap kurban dijual berkisar antara Rp 18 Juta hingga Rp 28 Juta.(klik-4)
Share this article :

1 komentar:

  1. SAYA MENYAMBUT ANDA SEMUA DI HALAMAN INI
    INI CERITAKU

    Saya MURNI SANTI, Seorang wanita, ibu, saudara perempuan dan teman dari (Bekasi), Indonesia, saya adalah REAL ESTATE MANAGER dan saya telah mengalami banyak tekanan keuangan akhir-akhir ini, tidak ada yang mau meminjam kami uang untuk menyelesaikan proyek komersial kami yang telah dibangun beberapa bulan sekarang. Saya telah ditipu oleh beberapa perusahaan peminjaman palsu yang mengklaim sejumlah besar uang dari saya tanpa kami tidak menerima pinjaman.

    Saya frustrasi, suami saya mencoba yang terbaik dan membantu, saya akan bunuh diri karena rasa sakit itu, itu terlalu berat untuk ditanggung dan saya kehilangan semua harapan, sampai saya diperkenalkan dengan SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL sebuah perusahaan pinjaman yang disponsori oleh bank dunia itu sendiri.

    Saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman dan memang menghubungi perusahaan, petugas bagian pinjaman mereka yang benar-benar memberi saya harapan dan mengatakan kepada saya untuk tidak khawatir perusahaan akan meminjamkan uang kepada saya, bahkan ketika jumlah yang saya butuhkan sangat besar, dan semua yang bisa saya berikan kepada mereka persyaratan yang merupakan beberapa informasi pribadi, yang saya lakukan.

    Saya menjalani semua proses, mereka berjanji untuk meminjamkan uang yang saya minta setelah mengonfirmasi bahwa saya memenuhi syarat untuk pinjaman, saya diminta untuk menunggu, yang sangat mengejutkan saya adalah pinjaman masuk ke akun saya dan saya mengkonfirmasinya .. Perusahaan kembali secara finansial dan keluarga saya baik-baik saja, ini membuat hidup saya lebih baik, saya bersyukur kepada Allah dan kepada SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL
    GMAIL ..... allglobalgrantloan@gmail.com

    UNTUK MENGHUBUNGI KU
    NAMA Perusahaan: SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL EMAIL Perusahaan: allglobalgrantloan@gmail.com. Perusahaan
    Whatsapp: +1(301)971-4445
    Nama Saya: MURNI SANTI
    Email Saya: murnisanti55@gmail.com

    BalasHapus

Sponsor 2

Sponsor 2

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2016. KLIK MADIUN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by AGEE Computer
Proudly powered by google