Home » , » Lahan LP2B Kab Madiun Mulai di Ekspose

Lahan LP2B Kab Madiun Mulai di Ekspose

Written By KLIK MADIUN on Selasa, 28 Agustus 2018 | 20.30


    foto: Penyampaian hasil tim LP2B di Hotel Aston Madiun

KlikMadiun -Dalam waktu yang tidak lama lagi, Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan atau LP2B di Kabupaten Madiun mulai terwujud. Ini terbukti, tim perumus sudah membuat peta dan akan segera mengekspos hasil kerja penyusunan LP2B tersebut.

Tim yang terdiri dari Badan Pertanahan Nasional (BPN)  Kab Madiun bersama Dinas Perkim, Dinas PUPR, Dinas Pertanian dan Perikanan, Bapeda dan bagian Pemerintahan, akan segera mengekspose hasil rumusan lahan LP2B di wilayah Kabupaten Madiun 

Sebelumnya tim telah bekerja di lapangan yang dilaksanakan mulai  tanggal 9 sampai 19 Juli 2018, guna menentukan luas atau titik yang seharusnya memang harus diselamatkan Tim yang dibagi menjadi tiga tim per hari yang terus menyusuri lahan-lahan pertanian yang ada di 15 Kecamatan yang ada di Kab Madiun.

Diketahui sesuai Peraturan Daerah Kab Madiun tahun 2014 tentang LP2B, Pemkab Madiun harus mengamankan 21 ribu hektar lahan pertanian. Dari 33 ribu hektar tanah agar tidak dialihfungsikan peruntukannya.  Tim identifikasi untuk menentukan titik dan lahan manasaja yang wajib digunakan untuk produksi pertanian, sehingga masyarakat aman dan investor lebih terarah dalam berinvestasi.

Dari hasil ekspose LP2B diketahui terdapat perbedaan data antara peta dari Badan Informasi Geospasial (BIG) dengan data peta Citra Satelit Resolusi tinggi 30 cm.  Al hasil data awal luas lahan pertanian yang awalnya 33 ribu hektar lebih, kini berkurang menjadi 21 ribu hektar lebih. 

Pengurangan data luas lahan pertanian ini disebabkan peta BIG lapangan, makam, dan peta tergambar warna hijau, sehingga dimasukan data pertanian. Baru setelah menggunakan peta 30 cm, dan kroscek lapangan diketahui jika gambar itu ternyata bukan lahan pertanian. 

Kepala BPN Kab Madiun Dwi Budi Martono menjelaskan, Karena ada perbedaan data tersebut, BPN meminta Pemkab Madiun segera merubah Peraturan Daerah tentang LP2B, sehingga hasil ekspose LP2B ini segera dikirim ke Kanwil untuk proses penyusunan peraturan Presiden.(Klik-1) 


Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Sponsor 2

Sponsor 2

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2016. KLIK MADIUN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by AGEE Computer
Proudly powered by google