Home » , , » Akibat Kebakaran, Jalur Pendakian Puncak Lawu kembali Ditutup

Akibat Kebakaran, Jalur Pendakian Puncak Lawu kembali Ditutup

Written By KLIK MADIUN on Selasa, 11 September 2018 | 05.32


   Foto: Klik Madiun

KlikMagetan-Menyusul adanya kebakaran hutan di Puncak Gunung Lawu, tepatnya di wilayah sekitar Pos 5 Candi Cetho, Karanganyar, Jawa Tengah, jalur pendakian disejumlah titik kembali ditutup oleh petugas. Sementara dari data yang ada di pintu masuk jalur pendakian Cemoro Sewu Magetan Jawa timur ada sekitar 200 pendaki asal luar daerah terlanjur naik ke puncak sebagian sudah dievakuasi turun oleh tim gabungan setempat.

"Dari data sebelumnya di pintu pendakian Cemoro Sewu ada sekitar 200 pendaki yang naik ke puncak. Tapi sebagian sudah berangsur-angsur dievakuasi turun mengingat adanya kebakaran yang terjadi di wilayah sekitar pos lima Candi Cetho,"kata Ferry Yoga Saputra, Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Magetan kepada wartawan dilokasi jalur pendakian Cemoro Sewu.


"Sampai saat ini seluruh pendaki yang berada di puncak sekitar belasan pendaki dan diupayakan semuanya turun sesuai dengan jalur pandakian awal dan dikawal petugas gabungan. Meski demikian untuk jalur pendakian masih aman dan yang terbakar wilayah Candi Cetho Jawa Tengah. Oleh karena itu guna mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan para pendaki terpaksa diminta turun dan jalur pendakian di wilayah Jawa Timur ditutup sementara ,"imbuh Ferry, Selasa (11/9/18).

Sedangkan dari pantauan dilokasi para pendaki yang awalnya sudah terlanjur berada di sekitar puncak berangsur-angsur mulai turun. Dan bahkan ada sebagian pendaki yang bertahan menunggu jalur dibuka kembali dengan mendirikan tenda di lokasi camping Cemoro Sewu yang telah disediakan pihak Perhutani setempat.

"Ya terpaksa kita kembali dan tidak melanjutkan naik ke puncak karena ada informasi kebakaran diatas mas. Saya dari Karanganyar bersama rombongan asal Banten. Dan rencana kita nunggu kabar jalur dibuka kembali, meski tadi infonya belum ada kepastian kapan jalur akan dibuka kembali sampai batas yang belum bisa dipastikan,"kata Bayu Royadi, salah satu rombongan pendaki asal Banten saat dikonfirmasi di Cemoro Sewu.

Sementara itu, selain masih dijaganya jalur pendakian oleh petugas gabungan dari aparat TNI/Polri, saat ini sejumlah anggota BPBD dan Tim Sar Basarnas Trenggalek yang diterjunkan tengah melakukan penghalauan kepada para pendaki yang hendak naik maupun yang masih berada diatas untuk diturunkan ke tempat awal pendakian. (klik-3)


Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Sponsor 2

Sponsor 2

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2016. KLIK MADIUN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by AGEE Computer
Proudly powered by google