Home » , , » Dongkrak Penghasilan Peternak, Dinas Pertanian dan Perikanan Fokus Pada Peternak Pemula

Dongkrak Penghasilan Peternak, Dinas Pertanian dan Perikanan Fokus Pada Peternak Pemula

Written By KLIK MADIUN on Jumat, 07 September 2018 | 15.23


   Foto : Para peternak mengikuti pembinaan admintrasi

KlikMadiun – Untuk  mendongkrak penghasilan para peternak sapi dan kambing yang ada di Kab Madiun,  Dinas Pertanian dan Perikanan melalui bidang peternakan terus melakukan pembinaan bagi kelompok peternak sapi maupun kambing dengan tertib secara administrasi. Hal ini bertujuan untuk  memudahkan pengecekan kelompok peternak untuk mendapatkan bantuan maupun paket tenaga penyuluhan dari pemerintah.

Bertempat di gedung Balai Penyuluhan Pertanian atau BPP di Kecamatan Mejayan,  sedikitnya ada 40 perwakilan peserta kelompok peternak yang ada di Kabupaten Madiun mengikuti pembinaan dari petugas Dinas Pertanian Dan Perikanan. Tujuan dari kegiatan ini sebagai pembinaan, agar kedepannya peternak bisa lebih baik, artinya kelompok peternak tersebut lebih eksis secara administrasi untuk memudahkan pemerintah melakukan pendataan verifikasi kelompok, baik melalui kategori peternak pemula, madya, lanjut atau utama dan akan dilakukan pendataan setiap satu tahun sekali.

Kepala bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Madiun Estu Dwi Waluyani mengatakan, kelompok peternak yang ada di Kabupaten Madiun masih belum ada pembinaan secara khusus secara administrasi.

“ harapan kami dari pemerintah, melalui Bidang Peternakan tiap kelompok peternak harus semuannya ber SK Bupati, agar memudahkan petugas melakukan pendataan ke kelompok peternak yang ada, kalau nantinya kelompok peternak kelembagaanya itu legal, nantinya  akan memperoleh bantuan paket ternak maupun informasi tentang pengembangan ternak, baik perawatan hewan ternak maupun administrasi anggota kelompok, “ terang estu.

Pembinaan kelompok  seperti ini, sangat membantu peserta mendapatkan informasi, bagaimana tahapan-tahapan yang dilakukan untuk menjadi peternak secara admistrasi.   
Seperti yang diungkapkan Adi, salah satu peserta dari kelompok peternak Karang Bakti asal Desa Darmorejo Kecamatan Mejayan yang masuk kategori peternak pemula. “Sangat beruntung mendapatkan pembinaan, sebab bisa mendapatkan informasi tahapan-tahapan bagaimana cara mendapatkan bantuan ternak, maupun cara berternak yang baik”.

“ kami dari kelompok peternak desa darmorejo, sangat senang mendapatkan pembinaan seperti ini, artinya kami bisa memperoleh informasi cara membuat pengajuan bantuan hewan ternak, yang nantinya hewan tersebud bisa dikembangkan oleh kelompok dan dirasakan hasilnya, “ tambah Adi.

Diketahui, di Kabupaten Madiun saat ini ada sekitar 307 kelompok peternak yang tersebar di 15 Kecamatan yang sudah Ber SK Bupati.  Namun pembinaan ini, yang di utamakan peserta kelompok peternak pemula, atau kelompok baru.  Sedangkan peternak yang lama  masih bisa mendapatkan tenaga Petugas Penyuluhan Lapangan atau PPL. ADV.

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Sponsor 2

Sponsor 2

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2016. KLIK MADIUN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by AGEE Computer
Proudly powered by google