Lakukan Sterilisasi Gereja Jelang Misa Natal 2021, Kapolres Madiun Kota Utamakan Prokes

 


 KlikMadiun - Polres Madiun Kota bekerjasama dengan Unit Penjinak Bom (Jibom) Detasemen C Polda Jatim melakukan sterilisasi di beberapa Gereja di Kota Madiun pada Jumat (24/12/2021).  Sebagai upaya pencegahan akan potensi-potensi yang bersifat mengganggu jalannya ibadah umat Kristiani di malam Misa Natal.

 

Dipimpin langsung oleh Kapolres Madiun Kota AKBP Dewa Putu Eka Darmawan, giat pengecekan setiap sudut gereja tersebut berjalan dengan lancar. Dewa memastikan bahwa tidak ditemukan benda yang mencurigakan. Namun, pihaknya telah menyiapkan pengamanan yang ketat untuk menjamin kelancaran dan kondusisfitas perayaan puncak Natal 2021.

 

 “Harapan kami ibadah Natal yang dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 bisa berjalan lancar dan kondusif. Tentunya tetap mengedepankan prokes karena Covid-19 masih ada,” ujar AKBP Dewa, saat meninjau kegiatan sterilisasi yang dilakukan di Gereja Mater Dei Madiun.

 

Selain itu, orang nomor satu dalam jajaran Polres Madiun Kota tersebut juga memastikan kesiapan setiap gereja terkait alat-alat pendukung penerapan protokol kesehatan. Antara lain portable thermometer dan QR Barcode aplikasi PeduliLindungi. Hal ini merupakan upaya untuk memonitoring kondisi tubuh setiap jemaat saat ibadah di gereja.

 

“Lewat aplikasi itu, yang belum vaksin bisa terlihat. Kalau ada jemaat yang kurang enak badan, sebaiknya ibadah di rumah,” imbuhnya.

 

Sebagai informasi, Kota Madiun terdapat 54 Gereja yang mana 10 diantaranya mempunyai kapasitas besar sehingga mampu menampung lebih dari 1000 jemaat. Menyikapi hal tersebut, kepolisisan akan menambah pengamanan dengan melibatkan petugas gabungan dari TNI, Banser hingga perguruan pencak silat. Hal ini juga menggambarkan tingginya toleransi antar umat beragama di Kota Madiun.

 

Sementara itu, Kepala Paroki Gereja Mater Dei Madiun, Romo Robertus Joko Sulistiyo turut memberikan apresiasi dan bersyukur atas kegiatan sterilisasi yang dilakukan polri. Dengan begitu, jemaat dapat merasa aman dan nyaman selama melaksanakan ibadah Natal.

 

 “Kami sangat bersyukur dan tentu dengan sterilisasi ini kami merasa lebih aman dan nyaman. Untuk menjaga prokes, kami juga telah menyiapkan semuanya,” ungkapnya.

 

Penerapan protokol kesehatan menjadi prosedur penting dalam ibadah Natal di gereja, guna mencegah penyebaran Covid-19. Panitia Natal telah menyiapkan sarana prasarana pendukungnya, yakni alat pengukur suhu tubuh, tempat mencuci tangan, handsanitizer, dan mewajibkan jemaat selalu mengenakan masker. (klik-2)

Selamat Idul Fitri 1443 H

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama