Lesung Kresek Madiun, Jujugan Baru Bergaya Java Vintage

 

FOTO/ klikmadiun.com : Ikon Lesung Kresek di meja reservasi menu.

KlikMadiun – Kabupaten Madiun memiliki banyak desa dengan potensi wisata yang menggairahkan, baik wisata alam, wisata budaya maupun wisata kuliner. Sebut saja Watu Rumpuk yang berada di Desa Mendak Kecamatan Dagangan, wisata alam yang dikemas dengan berbagai sentuhan penataan taman yang apik dan fasilitas umum yang memadai. Atau wisata budaya Dongkrek yang tak lekang oleh waktu dengan berjuta kisah mitosnya.

 

Kini, hadir di Kabupaten Madiun jujugan kuliner unik dan seru yang memberi nuansa baru bagi penghobi plesir dan hanging out bareng rekan ataupun keluarga. Lesung Kresek, berlokasi di jalan Raya Kresek, Desa Kresek, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun. Persis di sisi Jembatan Kresek, jadi sangat mudah untuk menemukan lokasinya. Uniknya lagi, bangunannya berada di tepi sungai  sehingga memberikan nuansa asri dan sejuk bagi pengunjung.

 

Lesung Kresek yang mulai beroperasi sejak 27 Oktober 2021 tersebut sengaja mengusung tema ‘Java Vintage’. Berkomitmen menyajikan kuliner Nusantara bercita rasa tinggi sekaligus mengedukasi pelanggannya dengan properti Jawa kuno sehingga dengan kesan etnik mampu menggugah pelanggan untuk turut mempertahankan budaya Jawa yang mulai luntur tergerus waktu.

 

“Jaman sekarang budaya Jawa sudah mulai luntur. Lesung Kresek hadir mengusung konsep Jawa lama karena bertujuan untuk memberi edukasi melalui barang-barang lama yang dipakai orang terdahlu sehingga mampu merpertahankan budaya yang sudah mulai luntur,” terang Rezky, General Manager Lesung Kresek kepada jurnalis klikmadiun.com pada Senin (20/12/2021).

 

Begitu pengunjung datang, di sisi kiri terdapat cikar yang merupakan alat transportasi darat tradisional yang menggunakan tenaga sapi untuk mengendarainya. Ada juga lesung terbuat dari kayu, dahulu kala menjadi alat penumbuk padi. Selain itu terdapat luku, alat pembajak sawah yang dijadikan pagar pembatas serta beberapa pompa air kuno yang digunakan sebagai fasilitas cuci tangan dengan dikombinasikan batu kali sehingga  menjadi wastafel yang cantik.

Benda-benda kuno tersebut menambah kesan unik resto ala Jawa tersebut. Apalagi latar alam yang mempesona dengan sungai berbatunya, menjadikan Lesung Kresek masuk dalam daftar tongkrongan yang Instagramable.


FOTO/ klikmadiun.com ; suasana Lesung Kresek yang asri berada persis di sisi sungai dan Jembatan Kresek

 

Menu makanan yang ditawarkan di Lesung Kresek tak kalah serunya. Ada iga bakar, gurame bakar atau goreng dan aneka menu utama yang menggiurkan lidah. Pilihan minuman segar pun berjejer di deretan menu, ada aneka es  tradisional seperti es janggelan dan es mutiara yang disajikan dalam wadah mangkok batok. Tapi jangan salah, juga tersedia beberapa pilihan minuman kekinian yakni lemonade coffee, Americano coffee ataupun cafelatte. Sedangkan untuk menu anak-anak disediakan es krim dengan aneka varian rasa dan es lilin pelangi.

 

Bagi para orang tua yang mengajak balita,  tidak perlu risau anak-anak akan bosan diajak kkongkow. Karena Lesung Kresek juga menyediakan wahana play ground  lengkap dengan fasilitas mainan yang kekinian dan bisa dimanfaatkan pengunjung secara gratis.

 

“Lesung Kresek menyediakan fasilitas mainan anak, karena segmen kita adalah keluarga. Selain itu bisa bermain di sungai, tapi dengan pengawasan orang tua. Harapannya custumer bisa puas dan bisa kembali lagi menikmati hidangan masakan Nusantara serta pemandangan hijau,”tutup Rezky.(klik-2)

Lebih baru Lebih lama