Pers Release di Penghujung Tahun 2021, Polres Madiun Musnahkan Ribuan Liter Miras

 

 KlikMadiun - Polres Madiun menggelar Konferensi Pers di akhir tahun 2021 yang bertempat di Joglo Mapolres Madiun pada Kamis (30/12/2021) pagi. Giat juga dihadiri oleh Wakil Bupati Hari Wuryanto dan jajaran Forkopimda Kabupaten Madiun.


 Kapolres Madiun AKBP Jury Leonard Siahaan mengatakan bahwa pers rilis tersebut merupakan hasil operasi Polres Madiun sepanjang tahun 2021.

 

“Pers rilis ini adalah hasil kegiatan yang kami lakukan selama 1 tahun di tahun 2021 ini. Sepanjang tahun dari Januari hingga sekarang, Polres madiun telah melaksanakan beberapa operasi kepolisian yaitu kurang lebih 13 oerasi kepolisian. Seperti yang kita ketahui sampai saat ini wilayah kita masih ada Covid-19 sehingga setiap pelaksanaan operasi selalu menerapkan protokol kesehatan,”ujar AKBP Jury.


Jury juga memaparkan capaian dari operasi jajaran dan anggotanya yang mengalami peningkatan yakni dengan turunnya angka kriminalitas dari tahun sebelumnya berdasarkan data yang dimiliki Polres Madiun.

“Sepanjang tahun 2021 terjadi penurunan crime secara total dibanding tahun sebelumnya. Tahun ini menjadi 155, sedangkan tahun kemarin crime secara total berjumlah 159,” papar Jury.



Sementara itu, untuk data barang bukti (BB), minuman keras (miras) berada di urutan teratas jumlah sitaannya. Ini menjadi wujud keseriusan Polres Madiun dalam membasmi minuman haram tersebut. Menurut Jury, miras menjadi salah pemicu utama tindak sebuah kejahatan yang sering terjadi di wilayah Kabupaten Madiun.

 

“Sedangkan untuk BB, seperti yang rekan2 liat, Polres Madiun melalui Sabhara dan Samapta setiap hari melaksanakan operasi miras, karena kita tahu bersama dari tindak pidana yang terjadi hampir rata-rata bermula dari pelaku ataupun korban mengonsumsi miras. Makanya kami sangat concern pembasmian miras, ada 2924 liter miras sepanjang tahun ini yang diamankan,”terangnya.

 

Jumlah tersebut mengalami kenaikan yang tajam dari tahun 2020, dimana saat itu BB miras yang berhasil diamankan sebanyak 556 liter. Hal serupa juga didapati pada jumlah BB kasus Narkoba jenis  shabu, yaitu dari 48,79 gram meningkat 83,69 gram yang diamankan Polres Madiun tahun ini.

 

Sedangkan, untuk kejadian kecelakaan lalu lintas (laka lantas) alami penurunan kasus. Secara global, kejadian laka lantas di wilayah Kabupaten Madiun tahun 2020 sebanyak 553 peristiwa kemudian di tahun 2021 menurun sebanyak 5% menjadi 528 peristiwa. Minimnya penerangan jalan umum (PJU) menjadi salah satu penyebab utama terjadinya laka lantas.

 

“Kami sudah berkoordinasi dengan Bupati hampir rata-rata karena kurangnya penerangan jalan. Berkoordinasi untuk penambahan penerangan jalan. Kami juga saat ini masih terus menggalakan razia penggunaan knalpot yang kurang standar,”pungkasnya.

 

Sebagai pamungkas,  Kapolres Madiun bersama Wakil Bupati Madiun serta jajaran Forkopimda melakukan pemusnahan sejumlah barang bukti, yaitu miras, narkoba dan knalpot brong.(klik-2)

 

 

Selamat Idul Fitri 1443 H

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama