Resmikan Pasar Bunga Dawuhan, Wali Kota Madiun : ‘Luar biasa bagusnya’



 KlikMadiun - Pasar Bunga Dawuhan, di Kelurahan Banjarejo Kecamtan Taman telah diresmikan Wali Kota Madiun pada Rabu (14/12/2021) pagi usai melakukan rangkaian gowes bersama jajarannya. Konsep pasar bunga minimalis di dalam kota diyakini mampu meningkatkan penjualan para pedagang bunga. Apalagi lokasinya terletak tidak jauh dari Pasar Minggu Bunderan kecamatan Taman yang selalu ramai di akhir pekan.

 

Dalam peresmian tersebut, Wali Kota Madiun Maidi berpesan kepada seluruh pedagang bunga agar selalu mengedepankan kualitas produknya.

“Luar biasa bagusnya tempat ini. Kita sudah komit dengan para pedagang bahwa tidak sembarang barang dagangannya boleh masuk, artinya tempat yang bagus ini barangnya harus bagus dan berkualitas. Kalau pasar bunga, yang dijual juga harus bunga. Harus yang berkualitas bagus. Setiap minggu akan saya cek,” ujar Maidi.


Menurut Maidi, Pemerintah Kota Madiun mendirikan Pasar Bunga Dawuhan untuk perbaikan tata ruang kota dan meningkatkan perekonomian para pedagang bunga yang sebelumnya berjualan di area Stadion Wilis bagian belakang. Di tempat jualan yang lama, lapak – lapak mereka terkesan kumuh karena sekaligus digunakan untuk tempat tinggal oleh para pedagang bunga. Harapannya dengan mempercantik tampilan pasar bunga akan menarik minat pembeli untuk datang ke tempat tersebut.




Sedangkan di Pasar Bunga yang baru tersebut, semua fasilitas umum telah disediakan, seperti kamar mandi dan mushola. Ada 60 bedak kios bunga yang akan ditempati para pedagang bunga. Mantan Sekda Kota Madiun tersebut menargetkan pada bulan Februari tahun depan, keseluruhan proses relokasi telah rampung.

“Sementara orang – orang di sini saya suruh menata dulu. Kalau sudah siap, di sana (tempat lama) akan saya bulldozer. Target Januari atau Februari harus sudah bersih. Di sini tidak ada kamar mandi pribadi, semuanya fasilitas umum. Dengan begini tidak dijadikan untuk tempat tinggal,” tambahnya.

 

Lebih lanjut, orang nomor satu di jajaran pemerintahan Kota Pendekar tersebut menjanjikan untuk pemasangan banner dan papan nama kios para pedagang bunga akan diseragamkan agar terkesan rapi dan bersih. Dan lebih mengagumkan lagi, Maidi secara spontanitas menginstruksikan kepada Direksi PDAM Kota Madiun untuk pemasangan saluran air baru bagi para pedagang bunga secara cuma – cuma. Hal tersebut ia lakukan setelah salah satu pedagang mengeluhkan soal air yang diunakan untuk penyiraman tanaman.

 

“Kita seragamkan untuk banner atau papan nama biar rapi dan bersih. Untuk air, tolong Pak PDAM dipasangkan semua, gratis,”pungkasnya.


Dalam kesempatan tersebut Wali Kota Madiun juga menyempatkan diri untuk membagi masker dan hand sanitizer kepada para pedagang, juga mengingatkan mereka untuk selalu menerapkan protokol kesehatan.(klik-2)

 

 

 

 

Selamat Idul Fitri 1443 H

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama