Siapkan 950 Personel, Polres Madiun Jamin Keamanan Pilkades Serentak 2021 di Kabupaten Madiun




KlikMadiun - Polres Madiun gelar Apel Kesiapan Pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak tahun 2021 bertempat di Lapangan Tri Barata Mapolres Madiun pada Minggu (19/12/2021). Dihadiri oleh Bupati dan jajaran Forkopimda Kabupaten Madiun.


Pilkades yang dilaksanakan serentak di 143 desa dengan total 1092 TPS (Tempat Pemungutan Suara) tersebut memiliki euphoria tersendiri bagi warga Kabupaten Madiun. Selain digelar masih dalam masa pandemi Covid-19, Pilkades tahun 2021 disinyalir rawan konflik di masayarakat.

 

“Ada potensi yang secara preventif dan pre-entif harus diantisispasi. Dikarenakan mobilitas  masyarakat sudah mulai ada kenaikan karena  Pilkades ini. Ada suasana yang berbeda dalma Pilkades kali ini. Ada 2 hal yang harus diantisispasi. Pertama antisipasi terkait pandemic, kedua antisipasi  terkait konflik,”terang Bupati Madiun Ahmad Dawami dalam sambutannya.


Bupati Madiun mengimbau kepada seluruh personel yang bertugas di pengamanan Pilkades agar senantiasa mengedukasi mengedukasi masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Disampaikannya bahwa pemahaman dan koordinasi yang bagus akan menciptakan ketertiban di masyarakat.

 

“Saya harapkan seluruh tokoh masyarakat yang berada di TPS nanti, semuanya memberi pemahaman dan edukasi. Dengan begitu saya yakin akan ada ketertiban karena pemahaman itu berefek pada kepatuhan,”tegasnya.



Sementara itu, Kapolres Madiun AKBP Jury Leonard Siahaan, mengungkapkan bahwa pihaknya menyiapkan 950 personel untuk mengawal jalannya proses Pilkades di Kabupaten Madiun. Bahkan telah mendapatkan 30 personel tambahan dari setiap Polres di wilayah Karesidenan Madiun, yaitu Polres Ngawi, Polres Magetan, Polres Ponorogo dan Brimob Polda Jatim serta dari Kodim 0803 Madiun.

 

Kapolres Madiun memastikan kekondusifan tempat – tempat yang rawan akan terjadinya perselisihan dengan memberikan pengamanan ekstra di titik- titik tersebut. Ia juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan yang ketat, sesuai arahan Bupati Madiun.

 

Sedangkan untuk para Calon Kepala Desa (Cakades), orang nomor satu dalam jajaran Polres Madiun tersebut mengimbau agar tetap berkompetisi secara sehat.

 

“Himbaun kami, kepada Cakades, silakan berkompetisi secara fair. Namanya kompetisi ada kalah ada menang. Ketika menang, jangan ada euphoria berlebihan. Bagi yang kalah jika merasa tidak puas bisa menempuh prosedur yang ada,” pungkasnya.(klik-2)

 

 

 

 

Selamat Idul Fitri 1443 H

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama