Madiun Nyawidji Bonsai Festival 2022, Ajang Pembuktian Bagi Penghobi Bonsai

 

FOTO/klikmadiun.com : Salah satu bonsai kategori Utama yang dipamerkan di ajang Madiun Nyawidji Bonsai Festival 2022

 KlikMadiun – Madiun Nyawidji Bonsai Festival 2022 digelar di lapangan Pujasera Jiwan, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun. Pameran dan kontes bonsai nasional tersebut digelar mulai tanggal 16 hingga 27 Januari 2022.

 

Sebanyak 1.025 bonsai dipamerkan dalam ajang tahunan bergengsi bagi para pegiat bonsai. Ribuan tanaman yang dikerdilkan tersebut merupakan hasil karya penghobi bonsai di seluruh Indonesia. Mereka datang dari berbagai kota, Madiun, Magetan, Surabaya, Pati, Bantul dan berbagai daerah di Nusantara.

 

Puncak acara Madiun Nyawidji Bonsai Festival 2022 diadakan pada Sabtu (22/1/2022) di tempat yang sama. Ditandai dengan pemotongan pita dan penyerahan tropi kepada pegiat bonsai dengan karya terbaik oleh Bupati Madiun Ahmad Dawami yang didampingi Ketua Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Pusat, Erwin Lismar.

 

Kaji Mbing sapaan akrab Bupati Madiun, menyatakan bahwa akan terus mendukung para pegiat bonsai melalui program - program pembinaan dan edukasi bonsai. Juga dengan menyediakan area bagi para petani bonsai untuk mengapresiasikan karyanya.

 

“Nanti kalau mereka sudah membentuk petani bonsai, kita akan mengintervensi mereka dengan edukasi melalui pakar – pakar bonsai terbaik sebagai mentornya. Kita akan selalu komunikasikan untuk kegiatan tahunan, yang penting selalu mematuhi protokol kesehatan yang ketat,” ucap Bupati Madiun.

FOTO/klikmadiun.com : Bupati Madiun bersama Juara Umum Madiun Nyawidji Bonsai Festival 2022


Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa ke depan pihaknya akan memfasilitasi komunitas bonsai dengan program – program binaan yang edukatif.

 

“Kalau kelompok sudah terbentuk, kita akan mengadakan edukasi, yang nanti SK nya bisa saya bisa Kadis Pertanian. Nanti itu yang akan menjadi dasar kita untuk penganggaran untuk memberi edukasi bagi mereka,”lanjutnya.

 

Sementara itu, Ketua PPBI Pusat Erwin Lismar menyampaikan apresiasi yang tinggi untuk Bupati Madiun atas dukungannya dalam penyelenggaraan festival bosai tersebut. Menurutnya, pameran dan kontes bonsai nasional merupakan ajang pembuktian bagi para penghobi bonsai dalam olah seni merangkai bonsai hingga menjadi sebuah karya yang memiliki nilai seni yang tinggi.

 

“Pameran ini menjadi ajang pembuktian teman – teman penghobi bonsai. Bahwa bonsai yang mereka rawat bertahun – tahun akhirnya mendapatkan predikat terbaik,”ujar Erwin.

 

Untuk informasi, Madiun Nyawidji Bonsai Festival 2022 memamerkan ribuan bonsai yang terbagi dalam empat kategori, yakni kelas Prospek, Regional, Madya dan Utama. Dengan varian harga mulai dari 15 ribu rupiah hingga mencapai 500 juta rupiah. Harga terendah itu merupakan bonsai dalam bentuk mentahan.(klik-2)

Selamat Idul Fitri 1443 H

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama