Rumah Pintar Puri Cendekia, Tempat Belajar dan Bermain di Pusat Kota Madiun

 


KlikMadiun – Rumah Pintar (Rumpin) Puri Cendekia terletak di tengah areal Madiun City Square. Terdiri dari dua ruangan yang memberikan fasilitas penunjang bagi para pengunjung berupa aneka jenis buku bacaan dan mainan yang  bersifat edukatif.

 

Ruangan yang berada di sisi timur berisi beragam buku dari berbagai jenis ilmu. Mulai buku cerita fiksi hingga buku non fiksi yang telah diklasifikasikan usia pembacanya. Di sana ada dua orang pustakawan yang siap membantu pengunjung untuk memilih buku dan memasukkan data peminjam.

 

“Disini banyak jenis buku. Peminjaman buku maksimal tiga buku. Dan tanpa dipungut biaya alias gratis,”terang Meylinda Agustin, Pustakawan Pelaksana Dinas Kearsipan dan Perpusatakaan Kota Madiun kepada jurnalis klikmadiun.com pada Kamis (20/1/2022).

 

Peminjam cukup menunjukkan identitas diri sebelum melakukan peminjaman buku. Untuk peminjam anak – anak bisa menggunakan KIA.

 

Sedangkan ruangan di sisi barat merupakan ruang Pokadi yang bermakna Ruang Pojok Digital. Disitu pengunjung boleh menggunakan fasilitas komputer untuk menggali informasi dengan menggunakan cara literasi digital. Selain itu, juga terdapat beragam mainan edukatif yang bisa dimanfaatkan anak – anak untuk mengolah daya kreativitas dan imajinasi.

 

“Di sebelah itu ruang Pokadi, Pojok Digital. Ada komputer yang bisa digunakan pengunjung. Juga boneka sebagai alat bantu peraga. Dan beberapa mainan edukatif lainnya seperti balok dan box puzzle,”lanjutnya.

 

Meylinda juga mengungkapkan bahwa selama Rumpin Puri Cendekia beroperasi, pengunjungnya masih sangat minim.

“Kalau hari Senin sampai Kamis sekitar 5 hingga 10 pengunjung. Tapi kalau hari Jumat dan Sabtu meningkat hingga 15 atau 25 pengunjung,”ungkapnya.



 Dibukanya Rumpin Puri Cendekia merupakan hasil sinergi pemerintah kota dengan PLN UP3 Madiun yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat Kota Madiun melalui ruang – ruang literasi di pusat hiburan.

 

Beberapa siswa siswi Madrasah Tsanawiyah di Kota Madiun yang sedang berolah raga di situ mengaku baru tahu bahwa di tengah Madiun City Square ada tenpat untuk membaca dan meminjam buku.

“Iya baru tahu ini tadi karena kebetulan pelajaran olah raga disini,”ujar Putri, salah seorang siswi.

 

Namun, Iwan salah satu pengunjung yang memanfaatkan fasilitas ruang Pokadi merasa senang dan nyaman dengan adanya Rumpin Puri Cendekia.


“Senang ya mbak, lagian tempatnya juga nyaman, ber-AC. Jadi kita tidak ragu untuk mengajak anak untuk bepergian ke pusat kota. Ada tempat untuk belajar dan bermain di sini. Anak-anak juga suka,”tutup Iwan.(klik-2)

 

Selamat Idul Fitri 1443 H

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama