Semakin Beragam, Bonsai Turut Hiasi Joglo Tani di Ngrowo Bening Edupark

 


 

KlikMadiun – Ngrowo Bening Edupark yang berada di areal tanah milik PDAM Tirta Taman Sari Kota Madiun  semakin menarik dengan tumbuhnya beragam vegetasi. Mulai dari aneka macam tanaman pangan, bunga dan pohon-pohon besar, kini menjadi kian indah dengan hadirnya tanaman yang dikerdilkan lazim disebut bonsai.

 

Bonsai – bonsai yang ada di pelataran Joglo Tani tersebut sengaja dihadirkan untuk menjadi wahana edukasi bagi para penggemarnya ataupun masyarakat umum.

 

“Bonsai – bonsai disini untuk dijadikan edukasi untuk anggota komunitas juga untuk masyarakat yang ingin belajar merangkai bonsai,”jelas Agus Sireng,  salah seorang anggota Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) wilayah Madiun, Kamis (13/1/2022).

 

Bagi pecinta bonsai, membentuk ranting - ranting tanaman sehingga menjadi sebuah bentuk yang indah dan memiliki nilai seni tinggi merupakan kepuasan tersendiri.

 

"Dulu masyarakat awam selalu mengira bonsai adalah tanaman mahal yang hanya dimiliki orang kelas menengah ke atas. Kami mau menghapus kesan itu, bahwa seni membentuk bonsai ini bisa dilakukan siapapun. Karena bonsai adalah seni yang tidak ada matinya, karena medianya selalu hidup, " paparnya.

 

Agus juga menghimbau masyarakat yang berminat belajar merangkai bonsai bisa mengunjungi Ngrowo Bening Edupark dan ikut bergabung dengan PPBI Madiun.

 

"Kami tiap sore disini, berlatih juga. Selain itu, Ketua PPBI Madiun, Azzam Herman juga telah menjadi tutor membentuk bonsai di salah satu sekolah di Madiun, bahkan di sekolah itu bonsai menjadi pelajaran ekstrakurikuler, " lanjutnya.

 

Dalam waktu dekat, PPBI akan menggelar Pameran Nasional (Pamnas) Bonsai yang akan diikuti seluruh pecinta bonsai di Indonesia.

 

"Rencananya tanggal 16 sampai 27 (Januari) nanti di Pujasera Jiwan, kita akan menggelar Pamnas yang sempat tertunda karena PPKM kemarin, " tutupnya.(klik-2)

Lebih baru Lebih lama