Kunjungi Rumah Coklat Desa Bodag, Khofifah Serahkan Bantuan 100 Juta

 


KlikMadiun – Rumah Coklat yang berada di Desa Bodag, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun mendapat kunjungan  Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Rabu (15/2/2022). Kunjungan orang nomor satu di Jawa Timur tersebut  dalam rangka menyiapkan desa devisa tahun 2022.

 

Gubernur Jawa Timur berpesan kepada para pegiat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) supaya mampu menerapkan sistem Tanam Petik Olah Kemas Jual (TPOKJ) untuk komoditi unggulan di desa masing – masing.

 

“Sejak 1992, saya di DPR bahasa yang sangat Khofifah adalah tanam, petik, olah, kemas, jual. Sekarang, ini harus bisa dimulai. Karena nilai tambah itu sesungguhnya after processing,”jelasnya.

 

Sementara itu, Bupati Madiun Ahmad Dawami yang turut hadir mendampingi kunjungan Gubernur Jawa Timur menambahkan bahwa kehadiran Rumah Coklat mampu memberikan peluang kerja bagi warga setempat.

 

“Jadi ini bagian dari pemberdayaan masyarakat. Hadirnya Rumah Coklat menjadi solusi bagi pengangguran yang ada di sini. Baru berusia dua tahun, tapi luar biasa,” ungkap Bupati.

 

Dalam kunjungannya Khofifah juga menyerahkan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) senilai 100 juta rupiah untuk pemberdayaan Desa Bodag. Menurut Kepala Desa Bodag, Dankung  bantuan tersebut akan digunakan untuk pengembangan Rumah Coklat.

 

“Sumbangan dari BKK Provinsi Jawa Timur arahnya untuk pengembangan Rumah Coklat. Untuk membangun tempat pertemuan, karena di sini sering digunakan untuk rapat ataupun study banding,”beber Dankung.

 

Dankung juga berkomitmen akan menerapkan sistem tanam, petik, olah, kemas, jual untuk komoditi coklat di Desa Bodag seperti arahan dari Gubernur Jawa Timur.

 

“Sesuai apa yang disampaikan Ibu Khofifah, tanam di sini, olah di sini, jual juga di sini, tidak kemana – mana. Dipasarkan juga di rumah coklat,”pungkasnya.(klik-2)

 

 

 

Selamat Idul Fitri 1443 H

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama