Lapas Pemuda Madiun Adakan Baksos Pengabdian Masyarakat Serentak, Kalapas Jadikan Ini Sebagai Catatan Amal


 

KlikMadiun – Lapas Pemuda Madiun (Lasdaun) sukses mengadakan gelaran Baksos Pengabdian Masyarakat Serentak pada Sabtu (5/2/2022) . Bekerjasama dengan berbagai pihak, agenda baksos untuk warga binaan pemasyarakatan (WBP) berlangsung sangat kondusif.

 

“Ini hasil kolaborasi antara FK-KMK UGM, Kemenkumham, Asosiasi RS TNI-Polri, BKKBN, YHKI, Koseindo dan Komponen Masyarakat. Kegiatan hari ini ada Penyuluhan dan Pemasangan KB Gratis, Penyuluhan Bahaya Napza, Pengobatan Gratis dan Vaksinasi untuk WBP (warga binaan pemasyarakatan),” kata Kalapas Pemuda Madiun, Ardian Nova usai giat baksos.

 

Ardian juga menyampaikan apresiasi yang tinggi untuk seluruh jajarannya atas kontribusi dan kerja kerasnya dalam mempersiapkan kegiatan tersebut. Menurutnya, bukan hal yang mudah mewujudkan empat agenda bersamaan dalam satu waktu.

 

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya atas kelancaran pelaksanaan kegiatan baksos hari ini. Semoga menjadi catatan amal kebaikan kita semua, Amin” tutrnya.

 

Untuk diketahui, kegiatan tersebut serentak dilakukan di 47 Unit Pelaksana Teknis (UPT) di seluruh Indonesia. Dengan tujuan supaya setiap WBP memilki daya tahan tubuh yang kuat dalam menjalani masa pidana.

 

“Tentu ini memberikan manfaat yang amat besar bagi WBP. Karena kita tau persis, hampir di seluruh Lapas di Indonesia mengalami over crowded atau over kapasitas. Ini tidak mungkin physical distancing, karena harus membaur,” ungkapnya.

 

Pihaknya menyebutkan jumlah hasil pelaksanaan baksos dari masing-masing kegiatan. Pertama, pemasangan KB implan gratis dengan sasaran warga Kelurahan Madiun Lor yang mencapai 5 orang. Kedua, vaksinasi kepada 178 WBP dan vaksin booster kepada 16 petugas. Ketiga, pengobatan gratis kepada 116 WBP dengan riwayat penyakit diabetes, hipertensi, pusing dan alergi. Terakhir, penyuluhan bahaya Napza dan penyakit menular seksual yang diikuti oleh 60 WBP mantan penyalahgunaan narkotika.

 

“Rinciannya yang vaksinasi, dosis I Astra Zeneca sebanyak 161 WBP, dosis II Astra Zeneca 13 WBP, dosis II Sinovac sebanyak 4 WBP,” imbuhnya.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Komandan Korem 081/Dhirotsaha Jaya, Kadinkes Kota Madiun, Kabid Pembinaan Kanwil Kemenkumham Jatim, Perwakilan BKKBN Prov. Jatim dan Karumkit Tk. IV DKT Madiun.  Kegiatan berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.(klik-2)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama