Resmi Dilantik, Kades Bodag Fokus Kembangkan UMKM Melalui Digitalisasi Rumah Coklat

 


KlikMadiun – Pelantikan Kepala Desa serentak di Kabupaten Madiun telah dilaksanakan pada Rabu (2/2) lalu. Euphoria saat pemilihan berangsur mereda seiring dilantiknya para Kepala Desa. Penerapan program – program pemimpin desa saat kampanye menjadi prioritas utama usai dilantik. Pembangunan desa harus dikedepankan untuk mensejahterakan masyarakat.

 

Kepala Desa Bodag, Dankung dengan visinya ‘noto roso, mbangun deso, mijil tresno’ , optimis membangun desa melalui program – program andalan di periode sebelumnya yang belum terealisasi. Diketahui Kepala Desa Bodag yang terpilih saat ini merupakan petahana di masa jabatan sebelumnya.

 

“Intinya melanjutkan program-program yang belum selesai. Jadi pembangunan yang belum selesai dalam RPJM Desa ini saya lanjutkan,” ungkapnya, Kamis (3/2/2022).

 

Pembangunan infrastruktur di beberapa titik Desa Bodag akan segera dilaksanakan guna menunjang akomodasi warga setempat.

 

“Pembangunan batas desa yang belum teresalisasi. Harapannya dengan adanya batas desa jangan sampai ada konflik satu desa dengan yang lainnya. Jalan penghubung antar desa harus segera dibangun untuk kelancaran ekonomi. Karena ada salah satu titik akses penghubung ke desa lain yang terputus, warga harus berputar 10 km untuk sampai ke desa tersebut,” tambah Dankung.

 

Pemulihan ekonomi pun menjadi program utamanya enam tahun ke depan. Melalui pemberdayaan UMKM yang telah dibentuk  seiring berkembangnya maskot Desa Bodag yakni Rumah Coklat. Himbaun yang sering digaungkan pemerintah terkait ‘one village, one product’ menjadi acuannya untuk mengembangkan potensi desanya.

 

“Yang paling menonjol nanti yaitu terkait pengembangan Rumah Coklat. Sesuai program pemerintah ‘satu desa, satu produk’. Karena banyak keuntungan yang akan didapat. Pertama bisa untuk menampung hasil pertanian salah satunya coklat. Kedua menciptakan lapangan pekerjaan, dan tentunya meningkatkan PAD Desa Bodag,”terangnya.

 

Dankung mempunyai inovasi tersendiri untuk pengembangan  Rumah Coklat yang dipastikan bisa meningkatkan penjualan produk – produk UMKM Desa Bodag. Menyeimbangkan antara pertumbuhan pasar di era 4.0 dan potensi produk andalan desa, pihaknya bekerja sama dengan PT. Media Data Piranti Nusantara merintis program digitalisasi Rumah Coklat.

 

“Untuk peningkatan di Rumah Coklat. Dengan program digitalisasi ini nantinya, Desa Bodag akan lebih dikenal lagi, sehingga akan semakin banyak pengunjung. Selain itu, program ini akan memudahkan pelanggan untuk mendapatkan produk – produk unggulan Rumah Coklat. Sekaligus untuk pemberdayaan masyarakat. Dengan begitu, Bodag akan lebih baik lagi,” pungkasnya.(klik-2)

 

Selamat Idul Fitri 1443 H

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama