Bimari Cup 2022 Karate Championship, Hidupkan Olahraga Karate Usai Puasa Pertandingan

 


KlikMadiun – Gelaran kejuaraan karate se-Madiun Raya yang bertajuk Bimari Cup I Tahun 2022 Karate Championship dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Madiun Hari Wuryanto, Sabtu (19/3/2022) di Pendapa Ronggo Djumeno.

 

Laga bergengsi yang diadakan oleh Federasi Olahraga Karate Indonesia (Forki) tersebut diharapkan menjadi tolok ukur olahraga karate-do untuk mencetak atlet-atlet unggulan yang berprestasi.

 

" Kejuaraan ini dimaksudkan untuk mencetak atlet karate yang luar biasa. Tanpa ada kompetisi tidak akan ada prestasi," terangnya.

 

Mas Hari Wur, sapaan akrab Wabup berpesan agar para peserta bisa bertanding secara sportif. Menang atau kalah adalah hal biasa dalam suatu kompetisi, akan tetapi sportifitas adalah nilai utama yang harus ditanamkan dalam sebuah pertandingan.

 

Sementara itu, Ketua Panitia Nurhita Galuh Pusponegoro mengatakan bahwa ajang tersebut bertujuan untuk menghidupkan kembali kegiatan karate yang telah lama vakum kejuaraan.

 

"Dengan kejuaraan ini bukan hanya menciptakan atlet karate saja namun juga bisa meningkatkan pariwisata di Kabupaten Madiun," ujar Galuh.

 

Kejuaraan karate Bimari Cup 2022 dibagi dalam dua kelas yaitu kata dan kumite. Kata merupakan kelas pertandingan yang menampilkan  gerak jurus yang memiliki filosofi dalam setiap gerakannya.

 

Sedangkan kelas kumite merupakan kelas tanding. Kumite dilakukan oleh murid-murid tingkat lanjut (sabuk biru atau lebih). Tetapi sekarang, ada dojo yang mengajarkan kumite pada murid tingkat pemula (sabuk kuning).

 

" Ada 1.440 kelas pertandingan dengan 1.200 atlet. Para peserta terdiri mulai kelas 1 SD hingga 12 SMA," pungkas Galuh.(klik-2)

Selamat Idul Fitri 1443 H

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama