Bupati Madiun Dukung Pengukuhan Bunda Paud Kecamatan, Langkah Pasti Siapkan SDM Unggul

 


KlikMadiun - Bupati Madiun Ahmad Dawami hadir dalam acara Pengukuhan Bunda Paud Kecamatan se-Kabupaten Madiun pada Selasa (15/3/2022) di Pendopo Muda Graha.

 

Pengukuhan bunda paud ini sebagai wujud dukungan Bupati terhadap sektor pendidikan untuk membentuk sumber daya manusia (SDM) unggul sejak dini.

 

"Tahun 2045 itu ada bonus demografi. Bonus demografi ini harus dimanfaatkan dengan baik dan dipersiapkan. Bunda paud memiliki tanggungjawab itu," terang Bupati Madiun.

 

Bonus demografi yang dimaksud adalah angka usia produktif lebih tinggi. Dengan disiapkan lebih dini, maka hal itu bisa membantu Indonesia menjadi negara maju, begitupun untuk perkembangan Kabupaten Madiun.

 

Penanganan stunting juga menjadi faktor penting dalam menyiapkan SDM unggul. Upaya yang bisa dilakukan antara lain  memastikan kondisi kesehatan pranikah, intervensi masa kehamilan, asupan gizi pada periode anak-anak hingga pendidikan dasar dan menengah.

 

"Stunting juga menjadi hal yang harus ditangani. Meskipun angka stunting di kabupaten madiun sudah mendekati target 14 persen namun stunting mempengaruhi tumbuh kembang anak sehingga harus terus ditekan dengan seluruh unsur termasuk bunda paud," terangnya.

 

Sementara itu, Bunda Paud Kabupaten Madiun Pentalianawati Ahmad Dawami menuturkan agar seusai pengukuhan tersebut agar para bunda paud segera membentuk kelompok kerja dan program kerja untuk dilaksanakan.

 

" Bunda Paud terintegrasi hingga tingkat desa dalam hal ini istri kepala desa sehingga dengan begitu akan lebih mudah bersinergis," tutur Pentalianawati .

 

Harapannya dengan adanya pokja bunda paud bisa membantu menyukseskan program nasional dalam gerakan pendidikan anak usia dini yang berkualitas dan juga merupakan mitra kerja dalam pengembangan anak usia dini di kabupaten madiun.

 

"Intinya tujuan kami kedepan inginkan pendidikan yang berkualitas dan penurunan angka stunting," tegasnya.

 

Acara pengukuhan bunda paud juga dihadiri oleh  Ketua Forum Paud Provinsi Jawa Timur, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Siti Zubaidah, Ketua Forum Paud Kabupaten Madiun, Ketua Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Kabupaten Madiun, Ketua  Ikatan Guru Raudlatul Athfal (IGRA) Kabupaten Madiun, Ketua Gabungan Organisai Penyelenggara Taman Kanak-Kanak Indonesia (GOP TKI) Kabupaten Madiun.

 

Sebagai informasi,  saat ini pemerintah menyediakan program pelatihan untuk mempersiapkan seseorang memasuki dunia kerja, dan meningkatkan kompetensi ataupun mendapatkan keterampilan baru sebagai upaya meningkatkan kualitas SDM.(klik-2

Selamat Idul Fitri 1443 H

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama