Disparpora Kabupaten Madiun Siapkan 13 Desa Wisata Ikuti ADWI 2022

 


KlikMadiun – Ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 kembali digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Ribuan desa di seluruh Nusantara antusias untuk ikut berperan serta.

 

Pemerintah Kabupaten Madiun melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) bakal mengirim 13 desa  di Kabupaten Madiun untuk mengikuti ajang bergengsi yang digelar setiap tahun tersebut. Dari ketigabelas desa tersebut, ada 5 desa yang sudah terverifikasi dalam jejaring desa wisata (jadesta), yakni Desa Wisata Mendak, Nglambangan, Candimulyo, Brumbun dan Cermo.

 

“Ada 13 desa wisata yang akan mngikuti ajang tersebut. Namun kemarin yang sudah masuk ke Jadesta ada 5 desa wisata, ada Desa Wisata Mendak, Nglambangan, Candimulyo, Brumbun dan Cermo,”terang Elvin Isna Cristian, Kasie Promosi Pariwisata Disparpora Kabupaten Madiun, Senin (14/3/2022).

 

Lebih lanjut, Elvin menambahkan bahwa Disparpora akan memfasilitasi desa -  desa wisata tersebut dengan cara memberikan edukasi kepada pengelola desa wisata supaya berhasil menjadi bagian dari ADWI 2022.

 

“Kita dari Disparpora ini sebagai operatornya, kita akan memberikan support penuh dengan memfasilitasi kelengkapannya dan memberikan arahan untuk masuk ke perlombaan ADWI,”tambah Elvin.

 

Pihak pengelola desa wisata harus mampu berperan aktif dalam mengembangkan dan mempromosikan desanya masing-masing. Kepiawaian pengelola dalam menunjukkan keunggulan desa akan mempermudah pihak verifikator untuk melakukan seleksi.

 

“Diantara 7 kategori yang yang dihadirkan  oleh Kemenparekraf, kami menyerahkan itu sepenuhnya ke pihak pengelola. Kita hanya mengarahkan saja, mungkin desa ini lebih menonjol di kebersihan ataupun segi produknya. Disini yang berperan aktif dari desa itu sendiri untuk menonjolkan keunggulan masing-masing,”tegasnya.

 

Disparpora akan terus melakukan pendampingan mulai dari awal pendaftaran hingga nanti penganugerahan. Harapannya semua desa yang diajukan dalam ajang ADWI 2022 lolos verifikasi.(klik-2)

 

 

 

 

 

Selamat Idul Fitri 1443 H

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama