Gelar Pelatihan Desa Tangguh Bencana, BPBD Jatim Latih 26 Warga Kelurahan Kanigoro Tanggap Resiko Bencana

KlikMadiun – Kelurahan Kanigoro terpilih untuk mengikuti pelatihan Desa Tangguh Bencana (Destana) yang diadakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur. 26 calon satgas Destana menghadiri gelaran pelatihan yang dilaksanakan di Joglo Besar, Lapak Kampir, Kelurahan Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun pada Sabtu (19/3/2022).

 

“Pelatihan Destana ini digelar selama tujuh hari. Diikuti oleh 26 warga Kanigoro dari linmas, pemuda dan RT. Nanti selanjutnya dikukuhkan menjadi  anggota satgas Destana yang selalu siap di garda terdepan saat terjadi bencana,”terang Waidi, Plt. Lurah Kanigoro.

 

Sementara itu, Muhammad Fathoni yang bertugas sebagai mentor dari BPBD Jatim Forum Pengurangan Resiko Bencana mengatakan bahwa pelatihan Destana tersebut sebagai upaya untuk mengedukasi masyarakat akan pemahaman resiko bencana di daerah masing-masing.

 


"Bagaimana masyarakat bisa melakukan kajian resiko bencana di daerahnya. Guna memahami adanya ancaman, kerentanan dan kapasitas bencana. Sehingga masyarakat mampu beradaptasi ketika bencana benar-benar terjadi,”ujarnya.

 

Ia juga menjelaskan bahwa para satgas Destana nantinya diharapkan mampu menetapkan peta resiko bencana untuk pencegahan dan penanggulangan bencana maupun kondisi darurat.

 

“Selanjutnya masyarakat mampu menyusun peta resiko bencana, misalnya banjir, angina putting beliung, kebakaran bahkan covid-19. Jadi disini masyarakat tidak hanya menjadi obyek atau korban bencana, melainkan menjadi subyek atau eksekutor,”tandasnya.

 

Beberapa materi diberikan kepada calon satgas Destana, salah satunya pelatihan pertolongan pertama (first aid) dalam kondisi gawat darurat. Melalui pelatihan bantuan hidup dasar (BHD) yang terdiri dari cara memijat jantung, menghentikan pendarahan hingga mengangkat pasien ke mobil ambulance atau menuju lokasi evakuasi.

 

Ester Kristianti, salah satu partisipan mengaku sangat bangga dapat mengikuti pelatihan satgas Destana yang merupakan sinergi antara BPBD Provinsi Jatim dengan BPBD Kota Madiun dan didukung oleh RSI Siti Aisyah sebagai penyedia fasilitas medis.

 

“Saya sangat bangga diikutkan pelatihan Destana ini. Kita dilatih cara menanggulangi bencana, evakuasi dan cara menangani korban,”pungkasnya.(klik-2)

 

 

Selamat Idul Fitri 1443 H

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama