‘One Day, One Prison Product’ Giat Lapas Pemuda Madiun Peringati Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58

 


KlikMadiun – Lapas Pemuda Kelas IIA Madiun menggelar giat “One Day, One Prison Product” sebagai bentuk Rangkaian Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58. Acara yang merupakan  Perintah Kementerian Pusat untuk mendukung karya warga binaan dengan cara dibeli oleh petugas Unit Pelaksana Teknis (UPT). Dilaksanakan di Sendang Klangenan, Lapas Pemuda Madiun pada Kamis (31/3/2022).

 

Kasubag TU Lasdaun, Bunyamin Husein memaparkan, dengan membeli barang buatan warga binaan, maka petugas menunjukkan apresiasinya secara tidak langsung. Selain itu juga ikut menyumbang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar 15 persen.

 

“Kalau bukan dari kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi. Bisa membeli, berarti bisa berkontribusi,” ujarnya.

 

Kurang lebih sebanyak 40 item meubeler ditampilkan dalam acara tersebut. Harga yang diberikan juga bervariasi, mulai harga Rp. 15 ribu hingga Rp. 800 ribu.

 

“Hasilnya nanti kembali ke modal, dan ada premi juga untuk warga binaan yang sudah membuatnya. Ini meningkatkan PNBP. Karena setiap Lapas dan Rutan ditarget untuk memenuhi PNBP setiap tahunnya dengan nominal yang berbeda-beda,” kata Bunyamin.

 

Sementara itu, terlihat salah satu Kepala Regu Pengamanan (Ka. Rupam) Elang, Umar Faruq membeli Kotak P3K yang terbuat dari Jati Belanda. Pihaknya mengaku kagum atas skill yang dimiliki warga binaan hingga mampu membuat produk dengan kualitas yang baik.

 

“Ini membuktikan Lapas Pemuda Madiun memberikan pelatihan dengan baik. Sehingga warga binaan bisa memiliki skill dan mampu membuat seperti ini. Nantinya warga binaan bisa membuat barang dan dijual secara mandiri setelah masa pidana selesai,”pungkasnya.(klik-2)

Selamat Idul Fitri 1443 H

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama