Siap – siap 180 Calon Jamaah Haji Kota Madiun Dapat Sinyal Keberangkatan Tahun Ini

 


KlikMadiun – Pelonggaran aturan pelaksanaan prosesi ibadah umroh awal tahun ini sedikit memberi angin segar bagi calon jamaah haji yang keberangkatannya sempat tertunda karena dampak pandemi covid-19.

 

“Menurut keterangan dari staf kami yang saat ini bertugas di sana (Arab Saudi), saat ini pelaksanaan umroh sudah ada pelonggaran. Tidak diberlakukan aturan PPKM, jadi tidak ada jaga jarak ataupun memakai masker,”papar Khoirul Kamami, Kasie Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kementrian Agama Kota Madiun, Jumat (11/3/2022).

 

Kamami juga mengungkap bahwa Kementrian Agama Pusat memang telah mengistruksikan ke jajarannya yang berada di daerah untuk memepersiapkan kebutuhan dari calon jamaah haji yang akan berangkat tahun ini.

 

“Belum ada ketentuan, hanya kami diinstruksiakan untuk siap. Sehingga kami sekarang mulai menyiapkan paspor dan soal vaksinasi. Jadi apabila ada instruksi lanjutan untuk keberangkatan kami harus siap,” ungkapnya.

 

Sebanyak 180 calon jamaah haji yang telah terdaftar  melakukan banyak persiapan. Utamanya terkait vaksinasi yang menjadi syarat wajib pelaksanaan ibadah haji di masa pandemi covid-19.

 

“Kita ada data sekitar 180 jemaah yang gagal berangkat tahun 2020 kemarin karena dampak pandemi covid-19. Kita siapkan semua. Vaksinasi 1 dan 2 menjadi syarat wajib. Kalau vaksin booster justru mereka yang berinisisatif,”lanjutnya.

 

Harapannya hasil diskusi antara Kementrian Agama dan pemerintah Arab Saudi memberikan banyak peluang bagi jamaah haji dari Indonesia bisa berangkat di tahun ini.

 

“Kita lihat saja bagaimana nanti keputusannnya. Dalam waktu dekat Kementrian Agama akan berdiskusi dengan pihak pemerintah Arab Saudi. Dan kalau tahun ini jadi berangkat, persiapan kami laksanakan mendadak juga,”pungkas Kamami.(klik-2)

 

 

 

 

 

 

 

Selamat Idul Fitri 1443 H

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama