Tingkatkan Kepekaan Masyarakat, Pemkab Madiun Adakan Mitigasi Bencana Berbasis Vegetasi

 


 

KlikMadiun – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun menggelar kegiatan gladi kesiapsiagaan dini penanggulangan bencana berbasis vegetasi pada Kamis (24/3/2022) berlokasi di Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun.

 

Dihadiri langsung oleh Bupati Madiun Ahmad Dawami didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Madiun Ny. Pentalianawati Ahmad Dawami dan jajaran Forkopimda Kabupaten Madiun. Kegiatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan kepekaan dan kesadaran dalam menghadapi resiko dan dampak bencana.

 

Bupati menyampaikan pentingnya kegiatan tersebut  untuk membangun komitmen dan kesadaran bersama bahwa upaya penanggulangan bencana melalui penguatan upaya pencegahan, mitigasi, dan kesiapsiagaan secara dini.

 

" Kita utamakan wilayah-wilayah yang potensi atau rawan terhadap bencana. Itu harus kita dahulukan, atau bahkan yang rekor pasca kejadian itu baru kita prioritaskan,” ujar Bupati.

 

Selain itu, kegiatan ini sebagai wujud kepedulian Pemkab Madiun dalam menjaga keseimbangan ekosistem guna pencegahan terjadinya bencana. Pemerintah menyadari bahwa bencana dapat disebabkan oleh 2 faktor, yaitu faktor alam dan manusia.

 

Secara ekologi kegiatan ini bertujuan untuk menjaga ketersedian air bersih di daerah sekitar. Oleh sebab itu, pencegahan juga harus diantisipasi agar tidak berakibat kerusakan yang parah, baik dari segi ekonomi, sosial, ataupun struktural.

 

Bupati juga menambahkan agar upaya reboisasi harus ditegakkan, mengingat banyaknya hutan gundul di beberapa titik wilayah Kabupaten Madiun.

 

“Tidak hanya dari pihak perhutani saja, namun kesadaran masyarakat juga harus dibangun. Pembagian keuntungan juga diharapkan oleh pemerintah Kabupaten Madiun, karena bibit yang ditanam oleh masyarakat diharapkan dapat menambah penghasilan mereka,”tegasnya.

 

Pada kegiatan ini juga dilakukan penanaman pohon di daerah sekitar. Hal ini rutin diadakan setiap tahun oleh pemerintah Kabupaten Madiun. Gerakan penghijauan ini berupa penanaman bibit pohon produktif berbagai jenis seperti pohon durian, jeruk, sengon, alpukat, kelengkeng, jambu biji, dan aren. Terdapat 12.000 bibit dari PJT I Madiun, dan 400 bibit dari BPBD Provinsi Jawa Timur.(klik-2)

 

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama