Antisipasi Kemacetan Lalin saat Mudik Lebaran, Satlantas Polres Madiun Siapkan Jalur Alternatif

 


KlikMadiun - Menjelang masa libur Lebaran 2022, Satlantas Polres Madiun mengadakan simulasi pengalihan arus dan cek jalur mudik di kawasan Kabupaten Madiun bagian selatan pada Rabu (20/04/2022) siang.

 

Diperkirakan akan terjadi penumpukan arus lalulintas di wilayah Kabupaten Madiun, pasalnya sudah dua tahun pemerintah melarang agenda mudik saat Lebaran dikarenakan adanya pandemi covid-19. Mengantisipasi euforia para pemudik arah Madiun, pemetaan jalur alternatif segera dilakukan.

 

Sesuai arahan Kadir Lantas Polda Jatim, Satlantas Polres Madiun mulai memetakan kawasan yang bisa jadi mejadi jalur alternatif jika jalur utama Jalan Raya Madiun Ponorogo terjadi penumpukan kendaraan.

 

''Kendaraan akan mulai dialihkan ke arah Desa Sangen Dagangan kemudian menuju ke Pasar Sliring Dagangan berlanjut ke perempatan Pasar Pintu Dagangan, hingga kemudian keluar ke jalur utama lagi lewat Pertigaan Sareng Kecamatan Geger,'' terang Kasat Lantas Polres Madiun AKP Firman Widyaputra Lukman Sumaatmadji,  Rabu (20/4/2022) .

 

Peningkatan jumlah kendaraan diprediksi akan terjadi pada H-3 lebaran. Namun, pihaknya tetap bersiap siaga di pos pengamanan dan pos pelayanan sejak tanggal 23 April 2022 karena diperkirakan sudah ada yang mudik di tanggal itu. Nantinya pengalihan arus lalin akan bersifat tentative, itu berarti akan dilakukan jika kondisi penumpukan sangat parah..

 

''Termasuk kami juga berkoordinasi dengan pihak PT JNK, untuk memperbanyak akses keluar daripada yang masuk ke tol di interchange Tol Dumpil. Sehingga, pergerakan kendaraan bisa lebih lancar,'' tambahnya.

 

Dia mengimbau pada seluruh pengguna jalan agar tetap berhati-hati selama perjalanan utamanya saat mudik. Terutama bagi pengguna jalan tol agar tetap fokus berkendara karena rawan terjadi tabrak belakang akibat kurangnya konsentrasi pengendara.

 

''Jangan lupa tetap menerapkan protokol kesehatan. Bagi yang belum vaksinasi bisa menjalani vaksinasi di gerai yang ada di pos exit tol Dumpi dan Taman Asri,'' pungkasnya.(klik-2)

 


Selamat Idul Fitri 1443 H

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama