Dinsos Kab. Madiun Gandeng Sentra Terpadu Terpusat dr. Soeharso Salurkan Bantuan melalui Program Atensi

 


KlikMadiun – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Madiun melalui Bidang Rehabilitasi Sosial kembali menyalurkan bantuan untuk masyarakat di wilayah Kabupaten Madiun yang terdaftar dalam  Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS). Melalui program Atensi (Asistensi Rehabilitasi Sosial), pihaknya bekerja sama dengan  Sentra Terpadu Terpusat dr. Soeharso Surakarta mengupayakan optimalisasi pemberdayaan klaster PPKS.

 

“Ini adalah pemberian bantuan untuk program Atensi yaitu asistensi rehabilitasi sosial. Dimana kami lebih memberdayakan masyarakat klaster PPKS yang ada di wilayah Kabupaten Madiun,”terang Rina Setyowati, Penyuluh Muda Sentra Terpadu Terpusat dr. Soeharso Surakarta, Jumat (8/4/2022).

 

Ada 102 PPKS  berhasil lolos seleksi dari 120 data yang diajukan pihak Dinsos Kabupaten Madiun  untuk menerima bantuan sesuai kebutuhan hidupnya masing-masing. Bantuan tersebut  yaitu berupa modal usaha, bantuan alat mobilitas dan kebutuhan dasar sehari-hari.

 

“Total bantuan kurang lebih 200 juta rupiah. Penerimanya adalah semua penerima layanan kesejahteraan, ada lansia, orang miskin, disabilitas dan orang terlantar. 26 item yang ada dalam daftar Kemensos semua bisa kita bantu,”jelas Rina.

 

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Bidang Rehabilitasi Dinsos Kabupaten Madiun  Agung Budiarto bahwa tujuan utama program ini adalah memberdayakan kelompok disabilitas produktif  agar mampu memenuhi kebutuhan hidupnya maupun keluarga.

 

“Yang penting bagaimana mereka bisa produktif untuk kepentingan kehidupan mereka sendiri dan keluarga, kalaupun tidak produktif ada bantuan kebutuhan dasar, ada juga pemberdayaan keluarga. Begitu juga nanti kita akan bantu ODGJ, lansia,  tuna sosial, orang terlantar dan anak yatim piatu,”kata Agung.

 

Pihaknya memastikan 5000 lebih PPKS yang ada di Kabupaten  Madiun akan mendapatkan bantuan dan layanan kesejahteraan sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.


“Bantuan dari Bidang Rehabilitasi Sosial ini nantinya akan menyentuh seluruh PPKS. Karena anggran kita terbatas, diupayakan untuk penyaluran secara multi years, dari tahun ke tahun. Yang penting semua harus terlayani, semua harus mendapatkan bantuan,”tegasnya.

 

Nantinya Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Kabupaten Madiun akan terus bersinergi dengan pihak  Sentra Terpadu Terpusat dr. Soeharso Surakarta untuk lebih menggiatkan produktivitas klaster PPKS melalui program-program bantuan yang diharapkan mampu menghapus kesenjangan sosial.

 

“Nanti ke depan akan terus berusaha unutk bekerja sama dengan pihak sentra terpadu dr. Soeharso Surakarta atau dengan pihak-pihak lain agar PPKS di Kabupaten Madiun ini bisa berdaya dan mendapat sentuhan bantuan,”tandasnya.

 

Untuk diketahui, selain program Atensi ini juga telah menyalurkan banyak bantuan bagi 105 yatim piatu korban Covid-19.

 

“Kita kan bermitra dengan mereka. Dari 419 yatim piatu korban covid-19 yang ada di Kabupaten Madiun, itu kita terbantu oleh pusat sebanyak 105 yatim piatu, 45 lainnya dibantu oleh Polres Madiun dengan program Satlantas untuk menjadi bapak angkat, yang lainnya kita bantu dari APBD. Jadi 419 itu sudah tercover bantuan semua. Bahkan tahun ini mereka mendapatkan bantuan lagi,”tutupnya.(klik-2)

 

 

                                                            

 

Selamat Idul Fitri 1443 H

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama