Kunjungi Kabupaten Madiun, Gubernur Jawa Timur Serahkan Santunan untuk 648 Yatim

 


KlikMadiun – Dalam rangka kegiatan berkah Ramadhan Baznas Santunan Yatim, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyerahkan bingkisan lebaran dan buka puasa yang dilaksankan di Pendopo Ronggo Djumeno, Senin (25/4/2022).

 

 Sebelumnya, orang nomor satu dalam pemerintahan Provinsi Jawa Timur tersebut meninjau langsung  lapak-lapak UMKM yang berderet di depan pendopo. Didampingi oleh Bupati dan Forkopimda Kabupaten Madiun, Khofifah turut berbincang kepada para pedagang yang ada.

 

Khofifah beserta Bupati Madiun Ahmad Dawami secara bergantian menyerahkan santunan secara simbolis kepada 100 orang. Namun, untuk total bingkisan yang diserahkan sebanyak 648 sasaran.

 

Selain itu, Gubernur Jawa Timur bekerja sama dengan Baznas Jatim juga menyalurkan zakat produktif yaitu zakat yang diberikan sebagai modal untuk menjalankan kegiatan ekonomi dalam bentuk usaha.

Tujuannya adalah membangun dan mengembangkan tingkat ekonomi dan produktifitas mustahik, terutama bagi mereka yang hidup dalam kemiskinan.

 

 " Zakat produktif itu untuk usaha ultramikro dengan masing-masing Rp. 500rb. Bagi usaha ultramikro sudah memungkinkan untuk memutus rantai rentenir," tutur Gubernur.

 

Pada kesempatan tersebut juga diberikan Bantuan Paket Buka dan Sahur “Food For Work”. Konsep yang digagas Baznas tersebut tidak hanya memberi makan buka dan sahur pada dhuafa tetapi juga memberikan dampak pada mustahiq  yang memiliki usaha atau warung sebagai penyedia makanan untuk menambah omset penjualan mereka.

 

 " Tadi ada lima pedagang yang menerima food for work dengan modal Rp. 2 juta dengan harapan untuk menyiapkan makanan buka gratis per porsi Rp.10 ribu sebanyak 200 porsi untuk sekitar 4 hari yang dibagikan ke berbagai daerah," katanya.

 

Sementara itu, Bupati Madiun H. Ahmad Dawami mengatakan santunan kepada anak yatim dan para pedagang kaki lima sebagai bentuk perhatian Gubernur Jawa Timur. Dirinya berterima kasih dan berharap dengan adanya kegiatan tersebut mampu memberikan manfaat bagi yang menerima serta perekonomian di Kabupaten Madiun terus tumbuh dan berkembang.

 

" Ibu Gubernur mengajarkan kepada kita bagaimana kita memiliki tanggungjawab terhadap anak yatim, dhuafa, dan menggeliatkan ekonomi masyarakat kecil," tutup Bupati Madiun.(klik-2)

 

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama