Pastikan Perjalanan KA Masa Angkutan Lebaran 2022 Aman, Daop 7 Adakan Pengerjaan Pergantian dan Perawatan Rel

 


KlikMadiun – PT. KAI Daop 7 Madiun melalui Unit Jalan dan Jembatan  tengah melaksanakan pengerjaan pergantian dan perawatan rel kereta api (KA) guna meningkatkan keselamatan dan kehandalan perjalan KA. Rencananya pengerjaan tersebut akan dilaksanakan selama 9 hari mulai 19 hingga 27 April 2022.

 

Dikatakan Manager Humas Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko bahwa  pergantian dan perawatan rel KA ini merupakan kegiatan  rutin yang dilakukan untuk mengantisipasi ancaman kerusakan infrastruktur rel KA yang dapat berakibat fatal pada perjalanan KA, utamanya menjelang masa angkutan Lebaran 2022.

 

“Adapun proses yang dilakukan yaitu dengan mengganti rel eksisting dengan rel baru karena kondisi rel eksisting sudah aus melebihi toleransi yang sudah ditetapkan. Setelah pergantian rel, proses selanjutnya yaitu dilakukan pengelasan pada rel tersebut dengan menggunakan metode Las Thermit. Metode ini dilaksanakan dengan bahan yang sederhana dan menghasilkan sambungan yang baik sehingga perjalanan KA lebih aman dan nyaman,”kata  Ixfan, Rabu (20/4/2022).

 

Adapun daftar lokasi beserta waktu pengerjaannya yaitu 19 hingga 21 April 2022 berada di titik km 160+8/9 jalur Babadan – Madiun kemudian dilanjutkan pada 22 April 2022 di titik km 161+5/6 di jalur yang sama.

 

Kemudian tahap selanjutnya yaitu pengerjaan pengelasan Las Thermit dibeberapa lokasi yang telah dilakukan pengerjaan pergantian rel sebelumnya. Ada 6 lokasi pengerjaan last hermit, masing- masing lokasi ada dua titik pengelasan. Pengelasan tersebut meliputi jalur hulu dan hilir antara Caruban-Babadan, Saradan-Caruban dan Bagor-Saradan yang akan dikerjakan mulai 21 hingga 27 April

 

Ixfan juga memastikan bahwa pengerjaan pergantian dan perawatan rel tersebut tidak akan mengganggu perjalanan KA, karena dilakukan saat window time antara pukul 05.00 hingga 07.00 setiap harinya. Pemilihan waktu tersebut sangat sesuai, saat tidak ada kereta api yang melintas sehingga tidak berdampak terhadap operasional kereta api.

 

"Untuk menyukseskan Angkutan Lebaran 2022, kami terus berkomitmen menjaga keandalan seluruh sarana dan prasarana perkeretaapian di Daop 7 Madiun dan siap mengantarkan para penumpang dengan selamat, aman, nyaman, dan sehat. Karena keselamatan adalah harga mati," pungkasnya.(klik-2)

Selamat Idul Fitri 1443 H

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama