Revitalisasi Terminal Purboyo Madiun Segera Berlanjut di Tahun 2023

 


KlikMadiun – Proses revitalisasi terminal Purboyo Madiun yang terkesan mandeg akan segera dilanjutkan di tahun 2023. Pengerjaan renovasi terminal penumpang tipe A terbesar di kawasan Madiun itu terjeda karena adanya refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19.

 

“Kemarin itu sudah ada pengerjaan awal, bagian depan dan saluran air, itu dikerjakan sekitar 5 bulanan menghabisakan dana 5 milyar rupiah. Kemudian ada covid-19, ada refocusing anggaran. Kalau kita ini adanya anggaran untuk perawatan saja. Tapi yang jelas nanti tahun 2023 sudah dimulai lagi pembangunannya,” terang Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Terminal Purboyo Madiun, Suyatno kepada klikmadiun.com Senin (25/4/2022).

 

Pengerjaan revitalisasi terminal Purboyo bersifat multi years, sehingga merupakan proyek yang dikerjakan berkesinambungan. Yang artinya tidak bisa diselesaikan dalam satu tahun anggran.

 

“Itu nanti multi years di tahun 2023 dan 2024, karena tidak mungkin setahun jadi. Nanti berkesinambungan. Tahun 2024 nanti diperkirakan sudah bisa beroperasional. Kalau kita di sini hanya user, semua pengerjaanya pusat,”paparnya.

 

Kondisi landasan terminal yang buruk sempat dikeluhkan Wali Kota Madiun Maidi saat melakukan pemantauan kesiapan fasilitas umum menjelang lebaran beberapa waktu lalu. Pun minimnya lampu penerangan tak luput dari pengamatan orang nomor satu di pemerintahan Kota Madiun itu.

 

“Saya pernah ajukan terkait ini di tahun 2019, tapi tidak bisa. Karena ini merupakan program besar, jadi harus sesuai dengan DED (Detail Enginering Desain),”imbuhnya.

 

Suyatno justru mengaku diuntungkan dengan adanya komplain dari Wali Kota Madiun, dengan begitu pemerintah pusat segera merealisasikan pembangunan terminal Purboyo ke tahap selanjutnya.


“Saya malah berterimakasih, bisa mendorong pusat, mendesak pusat untuk segera realisasi. Seharusnya dari awal dulu biar bisa di blow up,”tutupnya.

 

Sebagai informasi, proyek multi years  revitalisasi terminal Purboyo Madiun nantinya telah dianggarkan dana sebesar 30 milyar rupiah. Itu mencakup perbaikan bangunan induk dan landasan serta .(klik-2)  

Selamat Idul Fitri 1443 H

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama