15 Bus Gratis Hantarkan Pemudik ke Kota Asal, Wali Kota Madiun Sebut Harus Kembali Sehat



KlikMadiun – Wali Kota Madiun Maidi  beserta jajaran Forkopimda secara simbolis memberangkatkan bus mudik gratis  yang mengangkut pemudik untuk kembali ke kota asal dari Terminal tipe A Purboyo Madiun pada Minggu (8/5/2022).

 

Maidi menekankan agar perjalanan arus balik kali ini harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Oleh sebab itu pihaknya juga membagikan peralatan penunjang prokes ke para penumpang angkutan mudik gratis, yaitu masker dan hand sanitizer.

 

“Nanti pemudik harus tetap sehat, harus tetap menerapkan prokes. Tadi sudah kita bawakan juga peralatannya untuk penumpang. Semoga selamat sampai tujuan dan tetap sehat. Jadi mudik aman dan kembali sehat,”jelas Maidi.

 

Sebanyak 15 bus mudik gratis diberangkatkan dari Terminal Purboyo Madiun, dengan total penumpang sejumlah 450 orang. Adanya fasilitas mudik gratis menggunakan moda transportasi bus ini diharapkan mampu mengurangi kemacetan yang sering terjadi saat arus mudik maupun balik di masa libur lebaran.

 

“Kita memberangkatkan 15 bus sesuai jadwal yang sudah kita tentukan, dengan penumpang sekitar 450. Ini penumpang dari eks karesidenan Madiun menuju satu tujuan yaitu Jakarta. Ini juga ada di daerah lain. Besok lain kali harus pakai bus saja, dengan menggunakan bus bisa mengurangi macet,”ujarnya.

 

Hal senada juga disampaikan oleh Kasubdit Angkutan Barang Ditjen Angkutan Jalan Perhubungan Darat Alex Hilmi Pradana yang turut hadir mendampingi Wali Kota Madiun memberangkatkan para penumpang bus mudik gratis yang diselenggarakan Kementrian Perhubungan tersebut. Ia menyebut bahwa di daerah lain juga dilaksanakan pemberangkatan bus mudik gratis.

 

“Total Kementrian Perhubungan memberangkatkan 686 bus yang digunakan pada arus mudik dan arus balik. Total penumpang 20.580 dari berbagai wilayah. Selain tujuan Jakarta ada juga Jawa Tengah dan Jawa Timur. Hari ini secara simultan juga ada pelepasan di berbagai daerah seperti Wonogiri, Solo dan Jogjakarta,”terang Alex.

 

Alex memastikan setiap penumpang angkutan mudik gratis  tersebut telah memenuhi persyaratan untuk melakukan perjalanan. Karena proses registrasi dilaksanakan sehari sebelum pemeberangkatan. Pun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, antara lain yakni penumpang minimal harus sudah mendapatkan vaksinasi dosis 1 dan hanya diijinkan 4 orang penumpang dalam 1 kartu keluarga (KK).

 

“Kuotanya kita bagi-bagi, tidak sama setiap daerah, ini berdasarkan evaluasi tahun kemarin. Calon penumpang harus mendaftar via online di website yang kami sediakan dengan syarat harus minimal sudah vaksinasi dosis 1 dan 1 KK hanya diperbolehkan 4 penumpang,”tutupnya.(klik-2)

 

 

Selamat Idul Fitri 1443 H

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama