Asyik! Ada Kolam Ikan di Rumah Coklat Bodag, Tambah Seru Dengan Wahana Edukasi Baru

 


KlikMadiun -  Destinasi wisata Rumah Coklat yang dikelola oleh BUMDes Abadi Desa Bodag, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun semakin menarik dengan menghadirkan spot-spot baru bagi pengunjung.

 

Kini bertambah seru dengan dibangunnya dua kolam ikan di bagian belakang yang bersebelahan persis dengan area persawahan. Kolam berukuran 8 x 15 meter dan 2,5 x 19 meter itu digunakan untuk budi daya ikan nila dan gurame.

 

“Kita baru saja menyelesaikan pembangunan dua kolam ikan yang terletak di bagian belakang sebelah dapur dan di bagian bawah dekat saung untuk pengunjung. Dalam kolam-kolam itu, kita membudidayakan ikan nila dan gurame,”jelas Sugito, Pengelola Rumah Coklat, Sabtu (28/5/2022).

 

Rumah Coklat sendiri awalnya menjadi tempat wisata edukasi pengolahan coklat. Menyajikan beragam olahan coklat yang siap dinikmati langsung di tempat ataupun dibawa pulang sebagai buah tangan. Selain itu, juga menyuguhkan menu pendamping bagi pengunjung yang singgah di Rumah Coklat, antara lain nila goreng dan gurame bakar.

 

Dengan dibangunnya dua kolam ikan itu, Sugito optimis akan menambah wawasan baru untuk pengunjung tentang kandungan gizi dalam ikan sekaligus menggalakkan program pemerintah gemar makan ikan. Ditambah dengan melihat langsung ikan – ikan di kolam sembari mendengar gemericik air diyakini bisa menjadi relaksasi untuk menyegarkan pikiran.

 

“Ikan-ikan yang ada disini memang untuk dibudidayakan dan dijual, karena kami juga menyajikan menu olahan ikan. Disini pengunjung boleh memberikan makan ikan dan memilih ikan yang akan dibelinya. Mudah-mudahan dengan adanya kolam ikan ini bisa menambah kesejukan dan kesegaran di Rumah Coklat,”terang Gito.

 

Memasuki masa pemulihan  pandemi covid-19, wisata Rumah Coklat pun menunjukkan peningkatan pengunjung setelah dua tahun sempat melesu. Geliat ekonomi kembali kentara dengan naiknya penjualan produk-produknya baik melalui transaksi offline ataupun online.

 

Kepala Desa Bodag, Dangkung berharap supaya perkembangan Rumah Coklat bisa memberi dampak positif bagi warganya. Beragam inovasi yang dikembangkan melalui sarana dan prasarana ataupun produk unggulannya sehingga mampu menjadikan Desa Bodag sebagai desa dengan potensi wisata yang mengagumkan.

 

“Semoga ke depan Rumah Coklat bisa maju dan berkembang, baik melalui inovasi produknya, wisata kulinernya maupun wisata edukasinya. Sehingga bisa menciptakan lapangan pekerjaan yang lebih banyak. Dengan begitu mampu meningkatkan ekonomi warga,”pungkas Dangkung.(klik-2)

 

 

 

Selamat Idul Fitri 1443 H

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama