Keseruan Bermain Tubing di Kali Catur Desa Kresek, Pacu Adrenalin Hingga Ketagihan

 


KlikMadiun – Desa Kresek selain dikenal dengan wisata sejarah Monumen Kresek, kini terdapat wahana anyar yang sangat cocok bagi penyuka aktivitas menantang. ‘Tubing Kresek’ kini tengah menjadi favorit para traveler lokal.

 

Keseruan berseluncur menggunakan ban karet bekas ukuran besar di sepanjang kali Catur yang melintasi Desa Kresek diyakini mampu memacu adrenalin karena medan sungai yang berbatu dan berbelok-belok. Cipratan – cipratan air saat bermain tubing menambah segarnya suasana, apalagi di sekitar lokasi dikelilingi hamparan sawah nan luas.

 

Para pengunjung tak perlu khawatir soal keselamatan saat bermain tubing, karena pengelola wahana akan memastikan kondisi tubuh pengunjung dalam keadaan optimal. Disamping itu, diwajibkan bagi peselancar untuk mengenakan pelampung.

 

“Kita harus memastikan mereka (pengunjung) sehat, nanti kita juga akan terus mendampingi dan memonitor. Di sini juga disediakan ruang untuk berganti baju dan mandi,”ujar Sutopo, Pengelola Tubing Kresek, Sabtu (28/5/2022).



Bagi traveler yang belum pernah berkunjung ke sini, cukup ketik Desa Kresek atau Jembatan Kresek Madiun di laman peta Google, sangat mudah untuk menemukan lokasinya. Tubing Kresek beroperasi setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga sore. Tarif sewa perlengkapan sarana untuk bermain tubing terbilang sangat murah, cukup merogoh kantong sebanyak 30 ribu rupiah untuk jalur sepanjang 400 meter dan 50 ribu rupiah jalur sejauh 1 kilometer.

 

Wisata ini sendiri merupakan salah satu upaya pemberdayaan masyarakat desa, sebab dikelola dan dikembangkan oleh pemuda Desa Kresek. Antusias pemuda untuk mengembangkan desanya menjadi motivasi besar bagi seluruh perangkat dan warga desa untuk bergerak maju guna menggali potensi yang ada.

 

“Semoga tubing ini bisa menjadi salah satu wahana favorit di Desa Kresek, begitupun di Kabupaten Madiun. Dan juga bisa menjadi sarana untuk mempekerjakan para pemuda kami,”tambah Sutopo.

 

Melihat semangat pemuda di desanya, Kepala Desa Kresek Maryono memberikan apresiasi tinggi juga berencana mengembangkan wisata alam dan kuliner  di desa yang sarat sejarah tersebut.

 

“Alhamdulillah, berkat motivasi dan perjuangan pengelola tubing Kresek bisa membangkitkan geliat ekonomi desa. Kami sangat bangga dan bersyukur. Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak, juga untuk dinas terkait yang mendukung keinginan kami untuk mendongkrak wisata kuliner dan wisata alam melalui tuning ini,”ucapnya.

 

Pengunjung mengaku sangat senang ber-tubing di sungai yang berada persis di bawah Jembatan Kresek itu.

 

“Seru banget, sepertinya kalau suma sekali meluncur kurang ya,”ujar Tia, salah satu pengunjung.

 

Usai berbasah-basahan di sungai, pengunjung bisa menikmati aneka pilihan kuliner di sekitar lokasi tubing. (klik-2/*)

 

 

 

 

 

 

Selamat Idul Fitri 1443 H

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama