Sah! KAI Commuter Pesan 16 Set KRL Buatan PT. INKA Madiun



KlikMadiun -  PT. Kereta Api Indonesia (KAI) resmi memesan kereta rel listrik (KRL) buatan PT. INKA Madiun. Pasalnya kedua belah pihak telah menandatangani memorandum of understanding (MoU) tentang pengadaan kereta rel listrik (KRL) pada Senin (9/5/2022) di Kantor Kementerian BUMN Jakarta.

 

Ditandatangani secara langsung oleh  Direktur Utama KAI Commuter, Roppiq Lutzfi Azhar dengan Direktur Utama PT INKA, Budi Noviantoro. Penandatanganan MoU ini juga disaksikan oleh Wakil Menteri II Kementerian BUMN RI, Kartika Wirjoatmodjo, Direktur Sarana Perkeretaapian Kementerian Perhubungan RI Djarot Tri Wardhono, Direktur IMATAP Kementerian Perindustrian RI R. Hendro Martono, dan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia Didiek Hartantyo .

 

Kartika Wirjoatmodjo menyampaikan bahwa dunia perkeretaapian Indonesia saat ini telah bertransformasi dengan adanya peningkatan kualitas layanan, dari sisi ketepatan waktu, hingga keamanannya.

 

“Kami melihat dunia perkeretaapian Indonesia 10 tahun ke belakangan mengalami transformasi yang sangat luar biasa. Kita Melihat dari kualitas layanan, dari sisi ketepatan waktu, safety semua meningkat dengan baik, dan masyarakat sangat mengapresiasi kerja sama antara Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, PT KAI dan PT INKA,” jelas Kartika.

 

Menurutnya, perkeretaapian ke depan kita tidak hanya berfokus kepada pelayanan, safety dan ketepatan waktu saja, tapi juga kepada peningkatan adaptasi teknologi baru. Diharapkan kerja sama ini menjadi momentum apik untuk PT. INKA mengembangkan produksi yang diimbangi dengan lompatan teknologi yang terintegrasi.

 

Pun perjanjian ini nanti, akan mejadi titik awal dimulainya produksi di pabrik PT INKA Banyuwangi.

 

“Kemarin kita sampaikan ke Pak Budi Noviantoro kalau pabrik Banyuwangi ini nanti berkembang juga, produksi bis listrik mulai besar demand-nya, produksi bis listrik bisa di Banyuwangi karena dekat dengan logistic, dekat dengan pelabuhan,” tambahnya.

 

Sementara itu, Direktur Utama PT INKA Budi Noviantoro menyebutkan bahwa kerja sama ini merupakan wujud sinergitas BUMN  dengan berbagai lingkup kegiatannya.


“KAI Commuter berencana akan melakukan pengadaan sarana baru sebanyak 16 rangkaian KRL dengan susunan 12 kereta tiap rangkaiaannya dengan spesifikasi teknis yang dipersyaratkan oleh peraturan perundang-undangan perkeretaapian. Harapannya segala persiapan hingga pengiriman pertamanya akan sesuai jadwal yang diperkirakan pada tahun 2024,” tutur Budi.

 

PT. INKA akan berkomitmen penuh untuk merealisasikan apa yang telah disepakati ini agar tercapai sesuai target dari KAI Commuter. Selain itu, pihaknya juga akan menyediakan layanan purna jual seperti penyediaan suku cadang komponennya. Hal ini sebagai bentuk komitmen dalam penyediaan produk dalam negeri yang andal karya anak bangsa.

 

Penandatangan MoU ini akan menjadi acuan bersama dalam mempersiapkan rencana pengadaan 16 rangkaian KRL ini dengan baik dan komprehensif serta berlandaskan kepada Good Corporate Governance. Dimana dengan terwujudnya pengadaan KRL mampu menjawab kebutuhan masyarakat tentang transportasi public efisien, ramah lingkungan, terjangkau, serta tertib protokol kesehatan.(klik-2)

Selamat Idul Fitri 1443 H

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama