Tak Anggap Remeh Desakan Wali Kota Madiun, Kementerian Perhubungan Akan Optimalkan Revitalisasi Terminal Purboyo



KlikMadiun – Pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan berjanji akan segera menuntaskan revitalisasi terminal tipe A Purboyo Madiun. Meski perbaikan terminal merupakan proyek multi years, namun pihak Kemenhub optimis untuk memulai operasional pembangunannya di tahun 2023 ini.

 

“Kami dari Kementrian Perhubungan, dengan diserahkannya aset ini (terminal Purboyo) ke pemerintah pusat, kami akan mengoptimalkan pelaksanaannya, artinya di tahun 2023 ini kami akan pastikan operasionalnya. Mudah-mudahan usulan untuk pagu anggaran di 2023 ini sudah tertampung,” jelas Kasubdit Angkutan Barang Ditjen Angkutan Jalan Perhubungan Darat Alex Hilmi Pradana usai mendampingi Wali Kota Madiun memberangkatkan bus mudik gratis, Minggu (8/5/2022).

 

Dirinya menegaskan bahwa pesan Wali Kota Madiun Maidi untuk segera merampungkan perbaikan sarana dan pra sarana di terminal Purboyo menjadi pacuan untuk turut mendesak pemerintah pusat dalam memprioritaskan ketersediaan anggaran yang sempat mengalami refocusing karena adanya musibah covid-19.

 

”Kami selaku wakil yang ditugaskan di sini akan turut menyuarakan ke teman-teman pusat, agar di tahun 2023 pagu anggaran untuk revitalisasi terminal Purboyo Madiun sudah masuk,”tegasnya.

“Mudah-mudahan covid-19 pergi, tidak ada refocusing lagi,”imbuh Alex.

 

Alex pun menanggapi keluhan orang nomor satu di kota pendekar ini tentang minimnya penerangan di jalan utama terminal. Menurutnya, DED (detail engineering design) bisa direvisi walaupun hal tersebut tidak termasuk dalam perencanaan awal.

 

“Harusnya nanti kalau mengenai master plan bisa direvisi. Dan saya pikir berkolaborasi dengan pemerintah daerah adalah hal yang positif,”ujarnya.

 

Bukan tanpa alasan apabila Wali Kota Madiun sangat kritis dalam menilai perkembangan perbaikan terminal induk di wilayah Madiun ini. Pasalnya, bus menjadi salah satu moda transportasi darat yang paling diminati masyarakat.

 

“Kalau nanti covid-19 hilang, terminal harus bagus. Karena itu merupakan sarana perhubungan yang vital. Ini menjadi andalan masyarakat khususnya masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah. Ini yang harus didahulukan,”pungkasnya.(klik-2)

 

 

 

 

 

Selamat Idul Fitri 1443 H

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama