Harga Cabai Semakin Pedas, Begini Keterangan Dinas Perdagangan Kota Madiun


KlikMadiun – Lonjakan harga cabai rawit dalam sepekan terakhir semakin membuat para pedagang maupun pembeli kewalahan. Melambungnya harga cabai rawit yang mencapai angka 90 ribu rupiah per kilogram berdampak pada menurunnya daya beli pelanggan.

 

Kenaikan harga cabai di Kota Madiun ini disinyalir karena minimnya pasokan cabai dari para petani. Bahkan salah satu pedagang sempat mengatakan bahwa sebagian besar petani cabai telah beralih ke pembudidayaan komoditi lain. Namun hal itu ditampik pihak Dinas Perdagangan Kota Madiun.

 

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan Kota Madiun, Surat menyebutkan alasan sehingga harga cabai mengalami kenaikan drastis.

 

“Pasar Kota Madiun ini mendapatkan stok cabai dari Kediri, keterangan dari petani banyak tanamannya yang terserang penyakit (hama). Harga cabai di Kediri sendiri juga sudah tinggi, sampai sekarang ini mencapai 90 ribu rupiah per kilogram,”jelas Surat, Senin (6/6/2022).

 

Menyikapi fenomena ini, pihaknya akan terus melakukan monitoring terhadap perubahan harga cabai. Selain itu, Dinas Perdagangan Kota Madiun akan meningkatkan koordinasi dengan daerah lain agar stok cabai tidak mengalami kelangkaan.

 

“Dari Disdag Kota Madiun akan terus melakukan pemantauan harga pasar. Kita juga berkoordinasi dengan daerah lain agar jangan sampai terjadi kelangkaan cabai,”pungkasnya.(klik-2)

 

 

 

 


Selamat Idul Fitri 1443 H

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama