PT. Porang Rejeki Jaya Gandeng Pendekar Porang Pamerkan Produk Unggulan di MCF 2022

 


KlikMadiun – PT. Porang Rejeki Jaya (PRJ) pamerkan produk hasil olahan porang dalam acara Madiun Coolinary Festival 2022 yang diselenggarakan di  Lapangan Pelti, Sabtu (18/6/2022).

 

Melalui kegiatan yang diadakan untuk merayakan HUT ke–104 Kota Madiun tersebut, PT. PRJ perkenalkan umbi porang serta produk olahannya ke masyarakat kota pendekar. Mulai dari bahan mentah umbi hingga diolah menjadi chip kering. Ada juga bubuk porang atau tepung porang, yang paling menarik terdapat beras porang.

 

“Ini ada umbi porang kemudian diolah menjadi chip kering. Tahap berikutnya diolah menjadi tepung kasar selanjutnya melalui proses ekstrasi hingga menjadi tepung porang siap konsumsi. Untuk harga tepung porang sendiri sekitar 500 ribu per kilogramnya. Ini juga ada beras porang atau disebut rice konjac, harganya 250 ribu per kilogram”papar perwakilan PT. PRJ, Tjien Han saat pembukaan MCF, Sabtu (19/6/2022).

 

Harga tepung dan beras porang terbilang lebih mahal dari beras yang beredar di pasaran, namun memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Dalam tepung porang kasar hampir 45 persennya mengandung glukomanan yang menghasilkan serat larut air sehingga sangat bagus untuk menurunkan kolesterol.

 

Selain itu, PT. PRJ juga menghadirkan beberapa produk kuliner olahan porang binaannya yang tergabung dalam organisasi Pendekar Porang. Ada pecel porang, dawet porang, wingko porang Kape, pie susu porang, es krim porang, bluder porsng hingga es krim porang.

 

“Awalnya kita (PT.PRJ) sebagai pemasok umbi mentah porang se-Karesidenan Madiun untuk pabrik kami yang di Sidoarjo. Kemudian kami punya gagasan untuk menciptakan aneka kuliner olahan porang. Sekaligus untuk meningkatkan geliat ekonomi UMKM khususnya Kota Madiun,”ujar pria yang sering disapa Han itu.

 

Kuliner hasil olahan porang sering disajikan di acara-acara resmi pemerintah Kota Madiun. Bahkan beberapa waktu lalu Dubes Indonesia untuk Rumania tertarik untuk bekerja sama dengan Pemkot Madiun untuk mengembangkan komoditi porang. Hal inipun ditanggapi serius oleh PT. PRJ, kemudian berkolaborasi dengan pemerintah Kota Madiun untuk mendirikan pabrik industri olahan porang.

 

“Rencananya kita akan mendirikan pabrik untuk industri olahan porang di Kota Madiun,”imbuhnya.

 

Pada kesempatan pesta kuliner hasil sinergitas Pemkot Madiun dan Perwakilan Bank Indonesia Kediri tersebut, Wali Kota Madiun Maidi nampak bangga memperkenalkan aneka kuliner olahan porang ke jajaran Direksi yang menghadiri langsung pembukaan MCF.(klik-2)

Selamat Idul Fitri 1443 H

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama