Serentak ! Ujian Tulis Pengisian Perangkat Desa Digelar di SMP 1 Jiwan , Bupati Madiun Sebut Biar Tidak Ada Dusta di Antara Kita

 


KlikMadiun – Delapan desa di Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun menyelenggarakan ujian tulis pengisian perangkat desa secara serentak bertempat di SMP Negeri 1 Jiwan, Selasa (28/6/2022). Kedelapan desa tersebut yaitu Desa Jiwan, Ngetrep, Sukolilo, Metesih, Bukur, Kincang Wetan, Bedoho dan Klagen Serut. Diikuti sebanyak 240 peserta yang berasal dari desa setempat dan luar desa.

 

Pelaksanaan ujian tulis dilaksanakan dalam satu hari, dengan metode pengerjaan soal  dan koreksi jawaban secara transaparan. Sedangkan untuk koreksi dilakukan di hadapan seluruh peserta oleh tim panitia pengisian perangkat desa (TP3D) dan tim penguji dari tenaga pendidik SMP 1 Jiwan. Dalam hal ini, tim penguji juga berperan sebagai pembuat naskah soal ujian tulis.

 

“Kita menjaga independensi, biar tidak ada dusta di antara kita. Karena di Kabupaten Madiun yang menjadi kewenangan kita adalah SMP, tapi kalau pekara soal (ujian) ini sudah ada standarnya sendiri, jadi sama saja diselenggarakan di SMP atau SMA,” ujar Bupati Madiun Ahmad Dawami saat meninjau langsung pelaksanaan ujian tulis,(28/6).

 

Bupati juga menyampaikan harapannya supaya pengisian perangkat desa ini berhasil menjaring SDM yang sesuai dengan kebutuhan tiap desa.

 

“Semoga melalui seleksi ini bisa menghasilkan perangkat desa yang berkualitas yang cocok dengan kebutuhan desa masing-masing,”imbuhnya.

 

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun, Siti Zubaidah bahwa pemilihan lokasi ujian sepenuhnya diserahkan kepada TP3D sesuai tata tertib yang telah ditetapkan oleh panitia.

 

“Yang mewakili secara representativ itu ada 27 satuan pendidikan. Nanti tergantung desa memilih yang mana, kita serahkan ke desa,” ungkap Siti.

 

Pada hari yang sama  diumumkan hasil tes tulis untuk menentukan peserta yang lolos ke tahap selanjutnya yaitu ujian praktik dan administratif. Peserta lolos harus mencukupi standar nilai minimal ujian tulis yakni sebesar 65 poin dari 100 butir soal dikerjakan.

 

Dari hasil rekapitulasi yang berhasil dicatat TP3D dan tim Penguji, total sebanyak 117 peserta atau sebanding 48,75 persen dari jumlah peserta hadir berhasil lolos ke tahap selanjutnya yang akan digelar keesokan harinya, 29 Juni 2022.(klik-2)

Selamat Idul Fitri 1443 H

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama