Antisipasi Banjir, Pemdes Tiron Madiun Berinisiasi Bangun Drainase

  


KlikMadiun.com – Pemerintah Desa Tiron benar-benar memprioritaskan kepentingan masyarakatnya. Pembangunan dilaksanakan di beberapa bidang, termasuk sektor infrastruktur.

 

Di bawah kepemimpinan Kepala Desa yang baru, Kristiyan Antarriksa, pemdes Tiron melaksanakan pembangunan drainase di Dusun Kuwek RT 09, RW 4 tepatnya di jalan Ronggo Puspoko.

 

Pembangunan saluran air tersebut diupayakan untuk mencegah terjadinya banjir yang sering melanda wilayah itu saat curah hujan tinggi.

 

“Daerah jalan Gajah Soreng Pati itu termasuk jalan utama kabupaten, kalau musim hujan memang rawan banjir, makanya kita putuskan untuk mengurai jalur air ke arah timur dengan membangun drainase,”ungkap Kades Tiron, Kristiyan, Jumat (29/7/2022).

 


Dibangunnya drainase bertujuan untuk mengurangi dampak banjir. Sehingga ketika massa air semakin meningkat, penyebaran pembuangan air semakin lancar.

 

“Dengan adanya drainase itu diharapkan bisa mengurangi dampak banjir. Tidak ada lagi genangan air disana sini,”kata Kristiyan.

 

Pihaknya juga mengungkapkan bahwa pembiayaan pembangunan drainase itu murni dari Dana Desa (DD) yang menghabiskan biaya sebesar hampir 67 juta rupiah. Pembangunannya diperkirakan rampung dalam kurun waktu 1 bulan.


Drainase di jalan Ronggo Puspoko ini merupakan pembangunan tahap kedua, sebelumnya Pemdes Tiron telah usai merampungkan saluran air di jalan Ronggo Warsito, Dusun Jogobayan.


"Ini merupakan kegitan kedua, sebelumnya kita sudah membangun drainase di jalan Ronggo Warsito, Dusun Jogobayan,"pungkasnya. (klik-2)

Selamat Idul Fitri 1443 H

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama