Idul Adha 1443 H Penuh Berkah, Lapas Pemuda Madiun Berkurban 3 Sapi dan 2 Kambing



KlikMadiun – Hari raya Idul Adha 1443 Hijriyah disambut penuh kemenangan oleh seluruh warga Lapas Pemuda Madiun dengan melaksanakan sholat Ied berjamaah di halaman masjid At Taubah oleh seluruh Pejabat Struktural bersama 1.629 warga binaan pada Mingggu (10/7/2022).

 

Usai sholat Ied, dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban oleh penjagal dibantu tahanan pendamping dan diawasi oleh petugas. Tahun ini, Lapas Pemuda Madiun menyembelih 4 ekor sapi dan 2 ekor kambing. Hewan yang akan disembelih sudah dinyatakan sehat dan bebas dari PMK oleh Dinas Perikanan dan Peternakan Ngawi. Daging hewan kurban nantinya akan diolah kemudian dibagikan ke semua warga binaan.

 

Kalapas Pemuda Madiun, Ardian Nova meminta agar petugas dan warga binaan mengambil hikmah dari penyembelihan qurban. Bahwa, penyerahan hewan qurban merupakan esensial dari sikap batin yang berupa keikhlasan.

 

Dimana ditunjukkan dari tindakan lahiriah dengan memberikan qurban untuk dibagikan kepada semua orang tanpa tebang pilih. Sedangkan penyembelihan merupakan ilustrasi dari menyembelih hawa nafsu yang ada pada diri manusia.

 

"Qurban mengingatkan kita akan pentingnya bersyukur dari segala macam rezeki dan kecukupan yang telah didapat selama ini. Jika sudah mampu secara finansial, hendaknya kita jalankan ibadah ini karena Allah SWT mencintai hamba-hambaNya yang berbuat demikian," jelasnya usai meninjau pelaksanaan penyembelihan hewan qurban di belakang Dapur Lapas Pemuda Madiun.

 

Menutup penjelasannya, Kalapas Ardian menyampaikan bahwa daging akan dimasak dengan berbagai macam menu, agar warga binaan merasakan Idul Adha layaknya di kampung halaman.

 

"Menu untuk warga binaan sore ini nanti Sop Daging Sapi, sedangkan besok kemungkinan Gulai,"tutupnya.(klik-2)

Selamat Idul Fitri 1443 H

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama