Jelang 1 Muharram 1444, Forkopimda Gelar Rakor Lintas Sektoral


KlikMadiun.com - Menjelang tahun baru Islam, 1  Muharram 1444 Pemerintah Kota dan Kabupaten Madiun menggelar rapat koordinasi lintas sektoral pada Selasa (26/7/2022) di Gedung GCIO Kota Madiun.

 

Rapat dihadiri oleh Wali Kota Madiun Maidi, Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya, Ketua DPRD Kota Madiun Andi Raya, Bupati Madiun Ahmad Dawami, Kapolres Madiun Kota AKBP Suryono, Kapolres Madiun Anton Prasetyo, Kapolres Magetan Muhammad Ridwan dan beberapa pucuk pimpinan kepolisian wilayah Jawa Timur serta jajaran Polda Jatim yang bersangkutan. Juga tampak hadir beberapa perwakilan dari perguruan pencak silat di Madiun antara lain, Ketua Umum PSHT Moerjoko, Ketua Umum PSHW Agus Wijono Santoso dan Ketua IKS Bambang Sunarja.

 

Dalam rapat, Forkopimda sepakat untuk menciptakan suasana yang kondusif di momentum pergantian tahun baru Islam nanti.

 

 "Dalam rangka menyambut Peringatan 1 Muharram 1444 peran serta Forkopimda bersama TNI -Polri sangat penting supaya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif, saya ingin merubah 1 suro ini menjadi momen bahagia," tutur Wali Kota Madiun, Maidi.

 

Sementara itu, Kaji Mbing sapaan akrab Bupati Madiun menambahkan bahwa peniadaan kegiatan yang melibatkan massa dalam jumlah besar saat momen pergantian tahun baru merupakan antisipasi terjadinya perselisihan.

 

"Pada Peringatan Satu Muharram ini rawan dan perlu kita sikapi karena melibatkan masa yang besar dan rentan terjadi gesekan, sehingga peran serta Forkopimda, TNI - Polri serta instansi terkait sangat penting agar peringatan 1 Suro  berjalan dengan aman dan kondusif. Perlu kita antisipasi agar di bulan yang baik menjadi momen yang baik juga,"tambahnya.

 

Sebanyak 874 personel gabungan akan diturunkan untuk membantu mengamankan momentum pergantian tahun yang sakral dalam tradisi Jawa.

 

"Pada pelaksanaan 1 Suro ini setiap tahun kita laksanakan jadi kegiatan ini merupakan rutinitas dan untuk anggota yang akan melaksanakan pengamanan berjumlah 874 personel,"terang Kapolres Madiun Kota, AKBP Suryono.

 

Adapun personel gabungan tersebut terdiri dari anggota  Polri sejumlah 600 orang, Brimob 100 orang, Kodim 0803 sebanyak 30 orang, Yonif 501 sejumlah 30 orang, Pom Ad  6 orang, Pom AU 4 orang, Paskhas  30 Orang,  ditambah personel Dinkes  8 orang, Dishub  30 orang, Satpol PP 30 orang dan  Damkar 6 orang.(klik-2)

Selamat Idul Fitri 1443 H

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama