'Sambung Tuwuh' di Depan Masjid Al Ghifari Manisrejo, Makna Silaturahmi dan Keberkahan Idul Adha 1443 H



 

KlikMadiun – Jemaah masjid Al Ghifari, Manisrejo, Kota Madiun menggelar ibadah sholat Idul Adha 1443 Hijriyah pada hari Minggu (10/7/2022). Sebelumnya warga sekitar juga mengadakan takbir keliling bersama para santriwan dan santriwati TPQ pada malam harinya, Sabtu, 9 Juli.

 

Sholat Ied diikuti oleh ratusan umat muslim di sekitar perumahan Manisrejo. Bertindak sebagai imam atau pemimpin sholat yakni H. Sulaiman dan bertugas sebagai khatib adalah M. Atok Sulthoni yang sekaligus sebagai Ketua Takmir Masjid Al Ghifari.

 

Dalam ceramahnya, Zulthoni menyampaikan pesan agar sebagai umat muslim mampu meneladani sifat dan perilaku Nabi Ibrahim akan pengorbanannya atas putra kesayangan Ismail sebagai wujud keikhlasan dan menempatkan Allah di atas segalanya.

 

Usai sholat Ied dan mendengarkan tausyiah dari khatib,  warga segera bersiap untuk menyembelih hewan kurban. Di kesempatan hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah ini, Jemaah Al Ghifari mengkurbankan 7 ekor sapi dan 3 ekor kambing.

 

Namun, ada pemandangan unik yang langka disaksikan di masjid lain. Usai sholat Ied, Jemaah berbondong-bondong berebut pisang yang sudah dipajang di sisi kanan kiri gerbang masuk masjid. Setandan pisang yang masih melekat di pohon dipasang berdiri di dua sisi, dalam Jawa disebut pisang ‘Sambung Tuwuh’. Biasanya sambung tuwuh banyak dijumpai di acara mantu.


“Ini sudah menjadi tradisi kami tiap hari raya. Sambung tuwuh yang bermakna menyambung tali silaturahmi kita, sekaligus sebagai wujud kebersamaan dan persamaan tanpa membedakan status sosial, suku bangsa ataupun agama. Siapapun yang hadir di sini boleh ikut mengambil pisang ini,”jelasnya.

 

Warga pun menganggap tradisi sambung tuwuh ini sebagai bagian dari limpahan berkah  Sang Kuasa. Sekaligus melestarikan budaya Jawa agar tidak punah.

 

“Dengan adanya sambung tuwuh ini, jadi kita bisa nguri-uri budaya Jawa, sekaligus menyambung tali silaturahmi dan berbagi dengan sesama,”ujar Endang, salah satu warga yang turut mengahadiri gelaran sholat Ied.

 

Selanjutnya, takmir masjid dibantu oleh warga bergegas untuk menyembelih hewan kurban yang nantinya akan dibagikan ke warga sekitar dan kaum dhuafa yang membutuhkan.(klik-2)


Selamat Idul Fitri 1443 H

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama