Khidmat, Forkopimda Madiun Hadiri Renungan Suci HUT ke-77 RI di TMP

KlikMadiun.com - Dini hari tepat pukul 00.00, 17 Agustus 2022, jajaran Forkopimda Madiun mengikuti apel renungan suci dalam rangka HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Taman Makam Pahlawan Kota Madiun.

 

Apel dipimpin langsung oleh Danrem 081/DSJ Madiun Kol. Inf. Deni Rejeki. Turut hadir dalam renungan suci Wali Kota Madiun Maidi, Wakil Wali Kota Inda Raya, Bupati Madiun Ahmad Dawami, Wabup Madiun Hari Wuryanto, Kapolres Madiun Kota AKBP Suryono, Kapolres Madiun AKBP Anton Prasetyo beserta segenap perwakilan OPD.

 

Renungan suci ini  menjadi momentum untuk mengenang jasa para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan di masa lampau.

 

"Kita bersama berdoa agar arwah para pejuang diterima Allah dan mendapatkan tempat terbaik," tutur Deni dalam sambutan, Rabu (17/8/2022).

 

Selanjutnya, lampu-lampu dipadamkan, diiringi lantunan lagu Mengheningkan Cipta seluruh peserta apel tampak khidmat menundukkan kepala sebagai wujud penghargaan dan penghormatan tertinggi kepada para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan. Kemudian api dalam obor yang berada di antara nisan-nisan makam pahlawan mulai dinyalakan.


 

Di akhir, satu persatu peserta apel meninggalkan area pemakaman para pejuang dan memberikan penghormatan terakhir.

 

Dalam kesempatan tersebut Wali Kota Madiun Maidi menyampaikan bahwa makna renungan suci adalah wujud pembelajaran bagi pewaris kemerdekaan agar selalu mengenang jasa-jasa para pahlawan.

 

"Misi kemerdekaan tidak lepas dari jasa para pejuang, dahulu dengan semangat persatuan dan kesatuan meski peralatan tidak lengkap tapi mampu meraih kemerdekaan. Ini yang seharusnya menjadi acuan kita pejuang masa kini, harus lebih baik," tegas Maidi.(klik-2)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama