Konvoi Napak Tilas Hari Jadi ke-56, Seremoni Pembuka Reuni Akbar Smaga Memanggil 2022


KlikMadiun.com – Alumni SMA Negeri 3 Madiun menyelenggarakan konvoi tumpeng dalam rangka Napak Tilas sejarah sekolah tersebut tepat di hari jadi ke – 56 ,pada Senin (1/8/2022). Acara mengikutsertakan seluruh perwakilan dari alumni mulai dari angkatan pertama yakni 1966 hingga angkatan 2022.

 

Start konvoi dimulai dari Balai Kota Madiun, kemudian rombongan secara simbolis diberangkatkan oleh Wali Kota Madiun Maidi yang merupakan alumni SMAGA Madiun angkatan 1981. Turut serta dalam iring-iringan Jeep antara lain Ketua DPRD Madiun Andi Raya alumni tahun 2006 , Kepala Dinas Kominfo Kota Madiun Subakri alumni 1988.

 

Menuju titik pertama yaitu gedung pertama SMAGA Madiun yang sekarang telah beralih fungsi menjadi kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Madiun. Di titik singgah pertama, para alumni menyerahkan tumpeng sebagai wujud apresiasi bahwa di lokasi tersebut adalah tempat menimba ilmu semasa sekolah tingkat menengah atas.

 

Lalu rombongan bergerak menuju SMA Negeri 6 di jalan Suhud Nosingo yang merupakan gedung ke dua SMAGA kala itu. Setiba di lokasi tersebut, rombongan alumni disambut riuh sorai siswa siswi dan guru SMA Negeri 6. Serupa di titik sebelumnya, para alumni juga menyerahkan tumpeng untuk mengenang perjalanan sejarah SMAGA saat beroperasional di gedung itu.

 

Tujuan terakhir konvoi tumpeng yaitu  Gedung SMAGA NASA yang berada di jalan Ring Road Barat. Tiba di titik terakhir, rombongan alumni disambut  aksi marching band Gita Taruna Angkasa. Diawali simbolis pengalungan rangkaian bunga ke Wali Kota Madiun kemudian dilanjutkan prosesi potong tumpeng di bangsal sekolah.

 

Dalam sambutannya, Wali Kota Madiun Maidi menyampaikan pentingnya peran pendidikan dalam sebuah perubahan atau perkembangan sebuah daerah. Transformasi sektor pendidikan juga menjadi tombak terbentuknya sumber daya manusia yang berkualitas baik.

 

“Setiap hari yang kita lihat adalah perubahan. Perubahan itu berasal dari ilmu pengetahuan. Mustahil perubahan tanpa ilmu pengetahuan,”tutur Maidi.

 

Dirinya sebagai alumni menyampaikan apresiasi yang tinggi atas transformasi SMAGA Madiun yang terus bergerak maju memberikan pendidikan terbaik bagi generasi penerus bangsa. Ia juga berpesan kepada seluruh taruna taruni agar senantiasa mengenang sejarah sekolah yang membesarkannya.

 

“Saya ucapkan selamat ulang tahun ke-56 untuk SMA 3 Taruna Angkasa, usia yang dewasa yang bisa mengikuti dan menciptakan perubahan. Merayakan ulang tahun tidak selalu dengan hura-hura namun dengan mengenang sekolah dan mengenal siapa saja alumninya,”tutup Maidi.

 

Senada dengan Wali Kota Madiun, Ketua DPRD Andi Raya juga berpesan kepada semua penghuni gedung SMAGA Madiun lama maupun baru agar senantiasa menjaga dan merawat sekolah yang telah mencetak nama-nama besar dengan segudang prestasi.

 

“Kami mewakili keluarga besar alumni SMAGA Madiun memberikan apresiasi bagi seluruh jajaran guru dan siswa baik di gedung lama maupun gedung baru. KKami berharap agar semua bisa menjaga sekolah tempat akmi menimba ilmu dulu,”pungkasnya.

 

Sementara itu, Ketua Panitia Reuni Akbar Smaga Memanggil, Gangsar Budiarso alumni tahun 1983 mengatakan bahwa segmen Napak Tilas ini mejadi momentum para alumni untuk mengenang kembali perjuangan saat menempuh pendidikan di SMAGA Madiun.

 

“Napak Tilas ini memberikan makna bagi kami para alumni tentang perjuangan bagaimana mendapatkan gedung sekolah dari ikut di SMAN 1 Madiun masuk sore hingga akhirnya mendapatkan gedung sekolah di HA Salim,”kenang Gangsar.

 

Giat Napak Tilas ini menjadi pembuka rangkaian acara Reuni Akbar SMAGA Memanggil ‘Past-Present-Future’ yang sedianya dilaksanakan pada 5 November 2022. Selain itu, bakal digelar kegiatan-kegiatan yang lebih meriah sebelum puncak reuni akbar, antara lain bincang santai dengan Wali Kota, bazar UMKM, lomba menyanyi dan city tour bagi alumni dari luar kota.(klik-2)

Selamat Idul Fitri 1443 H

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama